View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Agribusiness
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Agribusiness
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Restoran Bakul-Bakul, Bogor Jawa Barat

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (1.887Mb)
      Date
      2012
      Author
      Utami, Denok Sih
      Nurmalina, Rita
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan penelitian ini 1)Menganalisis karakteristik dan perilaku pengunjung Restoran Bakul-Bakul, 2) Menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada Restoran Bakul-Bakul, 3)Menganalisis tingkat loyalitas konsumen terhadap Restoran Bakul-Bakul. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret - Juli 2012, pada penelitian ini pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Penentuan pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling. Konsumen yang dijadikan calon responden adalah konsumen yang datang minimal dua kali dan menikmati makanan di Restoran Bakul-Bakul, telah berusia 17 tahun keatas dan wawancara dilakukan setelah responden selesai menyantap hidangan. Jumlah reponden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 110 orang. Penelitian ini menggunakan alat analisis Structural Equation Model (SEM). Pada penelitian ini menggunakan 22 variabel indikator terdiri dari 18 variabel indikator untuk laten eksogen dan 4 variabel indikator untuk laten endogen. Semua variabel merupakan bauran pemasaran 7 P yang diteliti untuk melihat hubungan dengan kepuasan dan loyalitas konsumen. Hasil penelitian yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 110 responden diperoleh karakteristik Responden yang berkunjung ke Restoran Bakul-Bakul. Pengunjung Restoran Bakul-Bakul didominasi perempuan dengan jumlah sebesar 57,3 persen. Konsumen yang datang ke Restoran Bakul-Bakul berusia 25-35 tahun sebanyak 37 orang (33,6 persen), serta mayoritas konsumen memiliki status telah menikah sebesar 50,9 persen. Sementara dari suku bangsa mayoritas konsumen Bakul-Bakul merupakan orang Sunda. Konsumen Restoran Bakul-Bakul didominasi oleh orang yang mempunyai pendidikan terakhir sarjana yaitu sebanyak 53 orang (48,2 persen) serta rata-rata merupkan Pegawai Swasta dengan tingkat pendapatan Rp 1.500.000 – Rp 2.499.999,-. Motivasi pembelian dilakukan karena hobi kuliner, informasi diperoleh dari teman dan evaluasi alternatif yang dilakuakan terhadap cita rasa. Sifat kunjungan terencana, hari kunjungan tidak tentu, waktu kunjungan siang hari, dana yang dikeluarkan untuk makan di Restoran Bakul-Bakul Rp. 250.001 – Rp. 500.000 untuk rata-rata tiga orang dengan makanan favorit gurame dua rasa serta minuman favorit es kopyor. Berdasarkan hasil uji SEM diperoleh hasil bahwa kepuasan konsumen di Restoran Bakul-Bakul dibentuk oleh bauran pemasaran product yang diwakili oleh empat variabel manifest yaitu yaitu cita rasa makanan dan minuman (X1), keanekaragaman makanan dan minuman khas Sunda (X2), kesegaran makanan dan minuman (X3), serta kehigienisan makanan dan minuman (X4). Selain product pembentuk kepuasan Restoran Bakul-Bakul juga datang dari people, process, dan place. Masing-masing memiliki variabel indikator yaitu keramahan dan kesopanan pramusaji (X7), penampilan pramusaji (X8), serta pengetahuan pramusaji dalam menjelaskan menu makanan dan minuman yang terdapat direstoran (X9) untuk people. Kesigapan pihak restoran (pramusaji) dalam menaggapi keluhan pelanggan (X10), dan kecepatan pelayanan (X11) untuk process serta Lokasi yang strategis (X12) untuk bauran pemasaran place. Sebagian besar konsumen menyatakan puas dengan kinerja yang dilakukan oleh Restoran Bakul-Bakul dengan nilai muatan faktor 1,00. Dari variabel laten endogen kepuasan maka dapat dikaitkan dengan Variabel laten endogen loyalitas yang terlihat dari nilai muatan faktor yang terbesar yakni keinginan untuk merekomendasikan Restoran Bakul-Bakul ke orang lain (Y4) sebesar 1,00. Variabel indikator yang terkecil mengukur loyalitas konsumen Restoran Bakul-Bakul adalah variabel sikap terhadap kenaikan harga produk. Kepuasan memiliki hubungan yang sangat erat terhadap loyalitas karena koefisiien beta yang besar yaitu 0,86. Hal ini diartikan pengunjung merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan akan menjadi konsumen Restoran Bakul- Bakul yang setia (loyal).
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131228
      Collections
      • UT - Agribusiness [4768]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository