Analisis hubungan persepsi komitmen organisasional karyawan tetap dan karyawan outsourcing dengan persepsi kinerja karyawan PT PLN (Persero) jasa sertifikasi Jakarta
Abstract
Perkembangan bisnis yang semakin pesat saat ini menuntut perusahaan untuk semakin mampu bersaing. Daya saing yang ditunjukkan dengan ke1nampuan memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan dapat tercapai jik.a didukung oleh sumber daya manusia yang mampu memberikan kontribusi secara optimal kepada perusahaan. PT PLN (Persero) Jasa Sertifikasi sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa sertifikasi kelaikan instalasi tenaga listrik, produk peralatan listrik dan mutu pelayanan usaha ketenagalistrik.an memiliki sumber daya manusia yang relatif sedikit, namun memiliki beban kerja sedangkan, perekrutan karyawan tetap selama ini hanya dilakukan oleh perusahaan pusat, sehingga perusahaan mempertimbangkan untuk melakukan sistem ouJsourcing.
Dalam rangka mewujudkan karyawan yang berkualitas clalam mencapai visi dan misi perusahaan, diperlukan kornitmen organisasional dari seluruh karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut, baik karyawan tetap maupun karyawan outsourcing, karena dengan tingginya kornitmen yang dimiliki oleh karyawan pemsabaao tersebut maka akan meningkatkan kinerja karyawan itu sendiri dan berakibat pada meningkatnya kinerja pemsabaao. Penelitian ini bertujuan I) Meogideotifikasi persepsi kornitmeo organisasiooal karyawan tetap dan karyawan outsourcing terhadap PT PLN (Persero) Jasa Sertifikasi, 2) Meogideotifikasi persepsi kinerja karyawan tetap dan karyawan outsourcing pada PT PLN (Persero) Jasa Sertifikasi, 3) Meoganalisis bubungan persepsi komitmeo organisasiooal karyawan tetap dan karyawan ouJsourcing dengan persepsi kinerja karyawan pada PT PLN (Persero) Jasa Sertifikasi.
Penelitian irii dilaksanakan pada bulan Mei - Agustus 2009. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleb dari penyebaran kuesiooer kepada karyawan. Data selnmder diperoleb dari dokumeo pemsabaan., buku dan internet. Aoalisis data yang digunakan meoggunakan skor rataan, uji beda Mann-Whitney dan korelasi Rank Spearman deogan software pengolah data Microsoft Excel 2007 dan SPSS versi 16.0.
Hasil penelitian meounjukkan bahwa secara keseluruhan, persepsi komitmeo organisasiooal karyawan tetap dan karyawan outsourcing termasuk dalam kategori tinggi yang berarti karyawan memiliki keinginan uotuk tetap memelihara keanggotaan di pemsahaan. Persepsi kinerja karyawan tetap dan karyawao outsourcing termasuk dalam kategori baik, yang berarti para karyawan telah menunjukkan basil kerja yang telah sesuai dengan harapan perusahaan. Persepsi komitmeo organisasiooal karyawan tetap dan karyawan ouJsourcing secara keseluruhan berhubuogan deogan persepsi kinerja karyawan PT PLN (Persero) Jasa Sertifikasi. Pada karyawan tetap, persepsi komitmeo affective berhubuogan kuat, positif dan oyata deogan persepsi peduli kualitas dan kerjasama kelompok. Kemudian berhubuogao lemah, positif dan oyata deogao persepsi membangun hubuogan, kerjasama kelompok, adaptasi, orientasi pelanggan, pembelajaran berkesinambuogan dan peogambilao keputusan. Persepsi komitmeo normative karyawan tetap berhubuogan dengao persepsi orieotasi pelanggan, pembelajaran berkesinambungao dan integritas. Sedaogkan, pada karyawao ouJsourcing persepsi komitmeo affective berhubungan lemah, positif dan nyata deogan persepsi peduli kualitas dan pengambilan keputusan. Persepsi komitmeo continuance berhubungao lemah, positif dan oyata dengao persepsi adaptasi dao membangun bubungao. Persepsi komitmeo normative lemah, positif dan nyata berhubuogan deogan persepsi adaptasi, membangun bubuogan dan peogambilan keputusan.
Collections
- UT - Management [3455]