Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma'mun
dc.contributor.authorHanum D., Rodiah
dc.date.accessioned2023-11-06T04:00:18Z
dc.date.available2023-11-06T04:00:18Z
dc.date.issued2000
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130627
dc.description.abstractIndustri pengolahan kopi mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan. Selain berpotensi karena bahan baku yang tersedia secara melimpah, pasarnya juga masih terbuka luas sebagai minuman favorit bagi masyarakat Indonesia. Industri kopi bubuk yang ada di Indonesia saat ini tersebar pada 25 propinsi dengan kapasitas total 96.484 ton pertahun, Indonesia yang tergolong sebagai eksportir biji kopi terbesar ketiga di dunia, juga telah mampu mengekspor kopi bubuk meskipun volume dan nilai ekspornya jauh lebih kecil jika dibandingkan kopi biji. Munculnya perusahaan-perusahaan baru dan semakin besarnya perusahaan-perusahaan lama mengakibatkan persaingan dalam industri kopi bubuk di Indonesia semakin kompetitif. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan tersebut memerlukan rencana strategi pemasaran yang tepat agar dapat bertahan dan semakin berkembang dalam pasar kopi dunia dan khususnya di pasar domestik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan, serta posisi produk perusahaan dan strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan. Penelitian ini juga bertujuan merumuskan strategi yang tepat bagi perusahaan untuk diterapkan dalam kondisi yang terjadi saat ini. Ruang lingkup penelitian dibatasi hanya sampai pada tahap formulasi strategi. Hasil penelitian berupa alternatif strategi pemasaran bagi perusahaan agar dapat memperbaiki posisinya dalam lingkungan industri dan dapat mempertahankan aktivitas usahanya. Penelitian dilakukan pada PT. Ayam Merak, perusahaan kopi bubuk yang berada di DKI Jakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari pihak perusahaan dan instansi yang terkait. Metoda pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah pendekatan konsep manajeman strategis. Data-data yang diperoleh dianalisis dan diolah secara kuantitatif dan kualitatif dan disajikan dalam bentuk tabulasi, bagan dan uraian.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcResources and Environmental Economicid
dc.titleAnalisis lingkungan usaha dan bauran pemasaran dalam strategi bersaing produk kopi bubukid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordAgricultural economicsid
dc.subject.keywordMarketingid
dc.subject.keywordKopi bubukid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record