View Item 
      •   IPB Repository
      • IPBana
      • Articles
      • Faculty of Economics and Management
      • Resources and Environmental Economic
      • View Item
      •   IPB Repository
      • IPBana
      • Articles
      • Faculty of Economics and Management
      • Resources and Environmental Economic
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis lingkungan usaha dan bauran pemasaran dalam strategi bersaing produk kopi bubuk

      No Thumbnail [100%x80]
      View/Open
      Fultext (3.924Mb)
      Date
      2000
      Author
      Hanum D., Rodiah
      Sarma, Ma'mun
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Industri pengolahan kopi mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan. Selain berpotensi karena bahan baku yang tersedia secara melimpah, pasarnya juga masih terbuka luas sebagai minuman favorit bagi masyarakat Indonesia. Industri kopi bubuk yang ada di Indonesia saat ini tersebar pada 25 propinsi dengan kapasitas total 96.484 ton pertahun, Indonesia yang tergolong sebagai eksportir biji kopi terbesar ketiga di dunia, juga telah mampu mengekspor kopi bubuk meskipun volume dan nilai ekspornya jauh lebih kecil jika dibandingkan kopi biji. Munculnya perusahaan-perusahaan baru dan semakin besarnya perusahaan-perusahaan lama mengakibatkan persaingan dalam industri kopi bubuk di Indonesia semakin kompetitif. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan tersebut memerlukan rencana strategi pemasaran yang tepat agar dapat bertahan dan semakin berkembang dalam pasar kopi dunia dan khususnya di pasar domestik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan, serta posisi produk perusahaan dan strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan. Penelitian ini juga bertujuan merumuskan strategi yang tepat bagi perusahaan untuk diterapkan dalam kondisi yang terjadi saat ini. Ruang lingkup penelitian dibatasi hanya sampai pada tahap formulasi strategi. Hasil penelitian berupa alternatif strategi pemasaran bagi perusahaan agar dapat memperbaiki posisinya dalam lingkungan industri dan dapat mempertahankan aktivitas usahanya. Penelitian dilakukan pada PT. Ayam Merak, perusahaan kopi bubuk yang berada di DKI Jakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari pihak perusahaan dan instansi yang terkait. Metoda pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah pendekatan konsep manajeman strategis. Data-data yang diperoleh dianalisis dan diolah secara kuantitatif dan kualitatif dan disajikan dalam bentuk tabulasi, bagan dan uraian.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130627
      Collections
      • Resources and Environmental Economic [33]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      NoThumbnail