Show simple item record

dc.contributor.authorIvan
dc.date.accessioned2010-05-05T13:17:47Z
dc.date.available2010-05-05T13:17:47Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/13055
dc.description.abstractManggis (Garcinia mangostana Linn) adalah salah satu komoditas buah Indonesia yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dan juga merupakan primadona ekspor yang menjadi andalan Indonesia dalam meningkatkan pendapatan devisa negara. Hal ini dikarenakan, buah manggis memiliki nilai dan volume ekspor tertinggi dibandingkan dengan komoditas ekspor buah-buahan lainnya. PT. Agroindo Usaha Jaya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri ekspor buah-buahan dan rempah-rempah yang ada di Indonesia. Persaingan usaha ekspor buah manggis yang semakin kompetitif menuntut PT. Agroindo Usaha Jaya untuk meningkatkan strategi pemasaran ekspornya melalui kajian terhadap alokasi bauran pemasaran sehingga mampu mempertahankan pangsa pasar yang telah dikuasainya serta memperluas pangsa pasar yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penyusunan alokasi bauran pemasaran manggis pada PT. Agroindo Usaha Jaya, (2) Mencari alternatif alokasi bauran pemasaran yang tepat guna meningkatkan pertumbuhan pada PT. Agroindo Usaha Jaya. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan kuesioner, dan data sekunder diperoleh dari data perusahaan, literatur, dan internet. Pemilihan tempat penelitian dilakukan secara purposive, dengan pertimbangan PT. Agroindo Usaha Jaya adalah perusahaan pengekspor buah manggis terbesar keempat di Indonesia. Sedangkan untuk alat analisis yang digunakan adalah Analisis Hirarki Proses (AHP) dengan bantuan alat pengolah data Microsoft Excel 2003 dan Expert Choice 2000. Berdasarkan hasil pembobotan dengan AHP maka diketahui bahwa faktor yang paling berpengaruh dalam alokasi bauran pemasaran manggis pada PT. Agroindo Usaha Jaya adalah perusahaan pesaing dengan bobot sebesar 0,429, aktor yang memiliki tingkat kepentingan paling besar dalam kajian alokasi bauran pemasaran manggis PT. Agroindo Usaha Jaya adalah manajer ekspor dengan bobot 0,568, tujuan utama yang ingin dicapai dalam pelaksanaan kajian alokasi bauran pemasaran manggis PT. Agroindo Usaha Jaya adalah mempertahankan pelanggan dengan bobot 0,507, serta alternatif aktivitas dalam kajian alokasi bauran pemasaran dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas produk melalui pengawasan dan pengontrolan yang ketat merupakan prioritas utama dengan bobot 0,447.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleKajian Alokasi Bauran Pemasaran Manggis (Garcinia mangostana Linn) pada PT. Agroindo Usaha Jaya, Jakartaid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record