Analisa citra nasabah terhadap Bank dan produk tabungan: Studi Kasus pada PT. BTPN Cabang Bogor
Abstract
Kebijakan-kebijakan pemerintah pada tahun 80-an menyebabkan jumlah dan kantor bank milik swasta di Indonesia berkembang pesat. Akibatnya terjadi persaingan yang semakin tajam, sehingga dirasakan semakin perlu untuk mengetahui faktor-faktor apa yang harus diperhatikan untuk dapat bersaing dalam penghimpunan dana masyarakat khususnya tabungan. Apalagi dengan kondisi perbankan saat ini, di mana kepercayaan nasabah terhadap bank milik swasta menurun.
Untuk itu penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kembali faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam memilih bank tempat menyimpan dananya, dan faktor-faktor yang menjadi dasar pertimbangan nasabah dalam memilih produk tabungan. Berdasarkan hasil penelitian ini, manajemen bank dapat merumuskan suatu strategi pemasaran yang terpadu untuk memasarkan produk tabungannya dan meningkatkan citra banknya.
Penelitian dilakukan pada PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Cabang Bogor. Pemilihan tempat
penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa perusahaan ini merupakan salah satu bank swasta yang ada di Kola Bogor.
Collections
- UT - Management [3498]