dc.description.abstract | Remaja merupakan usia saat terjadinya perubahan dan perkembangan yang pesat Berdasarkan kisaran umur remaja, mahasiswa yang berada pada tahap awal perguruan tinggi berada pada fase remaja akhir menuju dewasa awal Banyak kondisi dalam kehidupan remaja turut membentuk pola kepribadian melalui pembentukan konsep diri anak yang mencakup perasaan harga diri (self- esteem) dan kompetensi diri.Pentingnya peranan orang tua dalam membentuk kompetensi remaja agar mampu beradaptasi dan survive dalam kondisi yang senantiasa tidak statis dengan keterampilan sosial, prestasi akademik dan self- esteem merupakan tema utama penelitian ini.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi terhadap gaya pengasuhan orangtua, keterampilan sosial, prestasi akademik dan self- esteem mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama (TPB) Institut Pertanian Bogor. Adapun tujuan khususnya adalah (1), mengidentifikasi karakteristik contoh dan keluarga, (2) mengidentifikasi persepsi contoh terhadap gaya pengasuhan orang tua, keterampilan sosial, prestasi akademik, dan self esteem contoh, (3) menganalisis hubungan karakteristik contoh dan keluarga contoh dengan persepsi gaya pengasuhan orang tua, (4) menganalisis hubungan antara persepsi gaya pengasuhan orang tua dengan keterampilan sosial, (5) menganalisis hubungan antara persepsi gaya pengasuhan yang diterapkan orang tua dengan prestasi akademik, (6) menganalisis hubungan antara keterampilan sosial dengan self-esteem,(7) menganalisis hubungan antara keterampilan sosial dengan prestasi akademik (8) menganalisis hubungan antara prestasi akademik dengan self-esteem, (9) menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap self-esteem.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional study dengan metode survey. Penelitian dilaksanakan di asrama Tingkat Persiapan Bersama (TPB) Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga, Bogor. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive). Penelitian ini secara keseluruhan dilakukan selama enam bulan, yaitu mulai bulan Maret hingga September 2009. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data
sekunder. Data primer yang dikumpulkan meliputi karakteristik keluarga (besar keluarga, pendidikan orang tua, pekerjaan orang tua, dan pendapatan keluarga), karakteristik contoh (umur, jenis kelamin, dan urutan kelahiran anak), persepsi gaya pengasuhan orang tua, keterampilan sosial, prestasi akademik, dan self- esteem contoh Data sekunder yang ditumpukan meliputi gambaran umum lokasi penelitian dan data mahasiswa TPB. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensia (uji beda Independent Sample T-test, uji beda one way anova, uji Chi Square, uji korelasi Spearman, uji korelasi Pearson, dan uji regresi linear) dengan menggunakan program komputer
SPSS 10.0. ... | id |