Show simple item record

dc.contributor.advisorTrisyulianti, Erlin
dc.contributor.authorAndria, Veby
dc.date.accessioned2023-11-02T01:02:14Z
dc.date.available2023-11-02T01:02:14Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130016
dc.description.abstractPerkembangan perekonomian ke arah globalisasi yang diindikasikan dengan perkembangan pesat dalam teknologi informasi dan teknologi komunikasi, membawa dampak pada pentingnya pengembangan sumber daya manusia atau karyawan yang berbasis pengetahuan (knowledge based worker) untuk menunjang setiap aktivitas dalam organisasi. Di sisi lain, globalisasi telah mengubah pandangan masyarakat bisnis dunia menjadi knowledge society dan membawa dampak pada berkembangnya persaingan berbasis pengetahuan. PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk telah menerapkan manajemen pengetahuan atas dasar upaya memenangkan persaingan dan upaya menuju knowledge based enterprise yang memerlukan keunggulan kompetitif dan bertumpu pada pengetahuan. Penelitian ini dilakukan di Kantor Corporate PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk yang berlokasi di Jl. Japati No. 1 Bandung. Penelitian ini bertujuan (1) Menjelaskan model manajemen pengetahuan dan model kinerja organisasi di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk, (2) Menjelaskan implikasi manajerial bagi PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk mengenai pelaksanaan penerapan manajemen pengetahuan yang dilakukan, (3) Menjelaskan persepsi karyawan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk terhadap pelaksanaan penerapan manajemen pengetahuan, (4) Menjelaskan kinerja organisasi sebelum dan setelah diterapkannya manajemen pengetahuan dan (5) Menjelaskan hambatan dalam implementasi manajemen pengetahuan dan alternatif solusi yang direkomendasikan dari pengaruh manajemen pengetahuan bagi peningkatan kinerja organisasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif serta analisis Structural Equation Modelling (SEM) yang memungkinkan peneliti untuk menguji hubungan antara konstruk independen dan dependen serta hubungan antara indikator dengan variabel laten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja organisasi dipengaruhi oleh manajemen pengetahuan dengan nilai koefisien konstruk (y) sebesar 0,62 dan t-value sebesar 4,22 menyatakan bahwa manajemen pengetahuan secara signifikan nyata dan bersifat positif berpengaruh terhadap kinerja organisasi. Semakin tinggi tingkat penerapan manajemen pengetahuan, maka semakin tinggi pula kinerja organisasinya. Dampak dari adanya implementasi manajemen pengetahuan TELKOM dapat dilihat dari adanya inovasi produk berupa FlexiCombo. Selain itu, pengembangan kompetensi karyawan dapat dilakukan dengan mengakses pengetahuan yang dibutuhkan, baik melalui offline maupun online sehingga efisiensi waktu dapat dicapai.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcManagementid
dc.titleImplementasi manajemen pengetahuan dan dampaknya terhadap kinerja organisasi pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbkid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordBogor Agriculture Universityid
dc.subject.keywordIPBid
dc.subject.keywordImplementation manajamen knowledgeid
dc.subject.keywordPerformance organizationsid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record