Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorIslaini, Rensa
dc.date.accessioned2023-11-02T00:48:41Z
dc.date.available2023-11-02T00:48:41Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130010
dc.description.abstractRestoran cepat saji atau cepat hidang di Indonesia berkembang pesat, hal ini ditandai dengan banyaknya restoran cepat saji yang muncul. McDonald’s adalah salah satu restoran cepat saji yang berkembang pesat di Indonesia. Restoran asal Amerika ini setiap harinya melayani 50 juta orang di 119 negara di dunia. Restoran ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1991 dan merupakan negara ke 70 dari seluruh dunia. Hingga kini McDonald’s telah memiliki 107 outlet di seluruh Indonesia. McDonald’s dikenal sebagai restoran cepat saji dengan pelayanan yang cepat, crew yang ramah dan suasana restoran yang nyaman. Dengan slogan “I’m Lovin’ It” McDonald’s menjanjikan pelayanan yang lebih fun, ramah, enerjik dan menghibur dengan menjadikan entertainment store. Jasa pengiriman yang dilakukan oleh McDonald’s bertujuan untuk berkompetisi dengan pesaing dan untuk memenuhi harapan konsumen dalam memberikan pelayanan yang lebih baik bagi konsumen yang memiliki keterbatasan waktu disebabkan oleh kesibukan di tempat kerja, sehingga tidak dapat meninggalkan tempat kerjanya untuk makan siang, sempitnya waktu istirahat kerja, kemacetan lalu lintas, cuaca yang tidak kondusif sehingga orang malas untuk langsung datang ke outlet McDonald’s. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas sistem jasa pengiriman yang dilakukan oleh McDonald’s Padjadjaran Bogor, menganalisis tanggapan pelanggan terhadap kualitas sistem jasa pengiriman yang dilaksanakan oleh McDonald’s Padjadjaran Bogor, dan mengukur besarnya hubungan kualitas sistem jasa pengiriman dengan frekuensi pembelian konsumen pada McDonald’s Padjadjaran Bogor Penelitian mengenai hubungan kualitas sistem jasa pengiriman dengan frekuensi pembelian konsumen ini menggunakan data primer dan data sekunder, data Primer, yaitu data yang diperoleh dari wawancara langsung dengan store assistant manager McDonald’s Padjadjaran dan menggunakan kuesioner sebagai alat yaitu dengan mengajukan pertanyaanpertanyan secara tertulis dalam bentuk angket sebanyak 100 responden McDonald’s Padjadjaran Bogor. Data Sekunder, diperoleh dari studi literatur dengan maksud mendukung keabsahan dan kebenaran data primer dengan bahan acuan atau referensi dari buku, catatan dan artikel yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel independen atau variabel X adalah Kualitas Sistem Jasa Pengiriman, sedangkan untuk variabel dependennya atau variabel Y adalah Frekuensi Pembelian Konsumen dan untuk menjawab tujuan penelitian yang kedua menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Dari kuesioner yang telah disebarkan didapatkan bahwa sebagian besar konsumen yang menggunakan jasa pengiriman adalah wanita, konsumen didominasi dari umur 21 hingga 30 tahun. Pada umumnya mereka bekerja sebagai pegawai swasta dengan pendapatan rata-rata Rp 1.000.000 sampai Rp 1.500.000, sebagian besar konsumen memesan jasa pengiriman dari kantor tempat mereka bekerja, yang sebagian besar beralasan untuk menghemat waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas sistem jasa pengiriman dengan frekuensi pembelian konsumen sebesar 0,405 (sedang) dengan nilai positif artinya kualitas sistem jasa pengiriman yang baik akan meningkatkan frekuensi pembelian konsumen. Secara keseluruhan tingkat kualitas sistem jasa pengiriman di McDonald’s Padjajaran Bogor dianggap baik oleh responden, dengan skor total sebaran jawaban responden terhadap atribut-atribut kualitas sistem jasa pengiriman sebesar 3,749 yang berada pada rentang skala 3,41 sampai 4,20 (baik).id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomics and Development Studies - Managementid
dc.titleAnalisis hubungan kualitas sistem jasa pengiriman dengan frekuensi pembeli konsumen pada McDonal's Padjajaran Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordkualitasid
dc.subject.keywordsistem jasa pengirimanid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record