Show simple item record

dc.contributor.advisorMunandar, Jono M.
dc.contributor.authorTriatmoko, Cinde
dc.date.accessioned2023-11-01T11:34:58Z
dc.date.available2023-11-01T11:34:58Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129868
dc.description.abstractM-BRIO Food Laboratory merupakan salah satu laboratorium pengujian pangan, yang eksistensinya untuk memberikan jaminan keamanan mutu pangan melalui jasa analisi kimia, dan mikrobiologi. Persaingan yang terjadi diantara labratorium pengujian pangan tidak boleh melanggar etika dan integritas laboratorium itu sendiri sebagai lembaga laboratorium yang menjunjung tinggi nilai kejujuran dalam memberikan jaminan hasil analisisnya. Oleh karena itu, M-BRIO Food Laboratory harus memiliki strategi pemasaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap strategi pemasaran pada M-BRIO Food Laboratory. (2) Merekomendasikan alternatif strategi pemasaran yang sesuai dan dapat diterapkan pada M-BRIO Food Laboratory. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Pengolahan data hasil penelitian dianalisis dan diolah secara kuantitatif. Analisis dalam penelitian akan dimulai dengan mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Perumusan strategi yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap masukan dengan menggunakan matriks IFE dan matriks EFE, tahap pencocokan dengan menggunakan matriks SWOT dan tahap keputusan dengan menggunakan metode perbandingan berpasangan untuk pembobotan strategi pemasaran utama dan dilanjutkan dengan analitycal hierarchy process (AHP) untuk menetapkan prioritas strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Prioritas strategi pemasaran yang direkomendasikan untuk M-BRIO Food Labortory, yaitu : (1) Melakukan promosi dan edukasi dengan menginformasikan kualitas jasa, cakupan produk ruang lingkup dan parameternya yang sudah terakreditasi, kepada perusahaan pangan yang membutuhkan jasa laboratorium pengujian. (2) Melakukan kampanye budaya keamanan pangan kepada publik dengan mengankat isu-isu keamanan pangan sebagai bentuk promosi dan edukasi dengan menampilakan Prof. Dr. F.G. Winarno sebagai endorser. Prioritas strategi pemasaran tersebut untuk meningkatkan promosi dan edukasi yang dilakukan perusahaan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomics and Development Studies - Managementid
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran pada M-BRIO Food Laboratoryid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordAHPid
dc.subject.keywordStrategi Pemasaranid
dc.subject.keywordFood Laboratoryid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record