dc.description.abstract | M-BRIO Food Laboratory merupakan salah satu laboratorium pengujian
pangan, yang eksistensinya untuk memberikan jaminan keamanan mutu pangan
melalui jasa analisi kimia, dan mikrobiologi. Persaingan yang terjadi diantara
labratorium pengujian pangan tidak boleh melanggar etika dan integritas
laboratorium itu sendiri sebagai lembaga laboratorium yang menjunjung tinggi
nilai kejujuran dalam memberikan jaminan hasil analisisnya. Oleh karena itu,
M-BRIO Food Laboratory harus memiliki strategi pemasaran yang tepat. Tujuan
dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Mengidentifikasi dan menganalisis
faktor lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap strategi
pemasaran pada M-BRIO Food Laboratory. (2) Merekomendasikan alternatif
strategi pemasaran yang sesuai dan dapat diterapkan pada M-BRIO Food
Laboratory.
Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Pengolahan data
hasil penelitian dianalisis dan diolah secara kuantitatif. Analisis dalam penelitian
akan dimulai dengan mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan
eksternal perusahaan. Perumusan strategi yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu
tahap masukan dengan menggunakan matriks IFE dan matriks EFE, tahap
pencocokan dengan menggunakan matriks SWOT dan tahap keputusan dengan
menggunakan metode perbandingan berpasangan untuk pembobotan strategi
pemasaran utama dan dilanjutkan dengan analitycal hierarchy process (AHP)
untuk menetapkan prioritas strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan.
Prioritas strategi pemasaran yang direkomendasikan untuk M-BRIO Food
Labortory, yaitu : (1) Melakukan promosi dan edukasi dengan menginformasikan
kualitas jasa, cakupan produk ruang lingkup dan parameternya yang sudah
terakreditasi, kepada perusahaan pangan yang membutuhkan jasa laboratorium
pengujian. (2) Melakukan kampanye budaya keamanan pangan kepada publik
dengan mengankat isu-isu keamanan pangan sebagai bentuk promosi dan edukasi
dengan menampilakan Prof. Dr. F.G. Winarno sebagai endorser. Prioritas strategi
pemasaran tersebut untuk meningkatkan promosi dan edukasi yang dilakukan
perusahaan. | id |