dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui karakteristik nasabah yang
telah memiliki tabungan junior di Bank Panin KCP Tajur, (2) Menganalisis atribut
bauran pemasaran jasa yang memotivasi nasabah memilih tabungan junior pada
Bank Panin KCP Tajur, (3) Menganalisis atribut bauran pemasaran jasa yang
mempunyai pengaruh dominan pada nasabah pada pemilihan tabungan junior di
Bank Panin KCP Tajur
Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu data
primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara dilakukan
langsung dengan staff dan manajemen perusahaan Bank Panin. Sedangkan untuk
data sekunder, diperoleh melalui buku-buku pustaka serta referensi lain yang
relevan dengan penelitian ini. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier
Berganda.
Bentuk bauran pemasaran Bank Panin terdiri dari (1) produk tabungan junior
panin, (2) lokasi bank panin kcp tajur , (3) promosi dari pihak bank, pameran,
media cetak dan elektronik, (4) harga (bebas biaya administrasi bulanan), (5)
proses pembukaan rekening tabungan junior panin, (6) produktifitas dan kualitas
yang dapat memuaskan pelanggan, (7) sdm, (8) Bukti Fisik seperti fasilitas atm.
Hal yang paling berpengaruh dalam memotivasi nasabah adalah variabel
promosi diantaranya (1) Hadiah yang didapat dengan indeks sebesar 31 persen,
(2) Bebas biaya admnistrasi bank dengan indeks sebesar 26 persen (3) fasilitas
yang diperoleh dengan indeks sebesar 22 persen, dan (4) bunga yang diperoleh
dengan indeks sebesar 21 persen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap
100 responden dan menggunakan alat analisis regresi linier berganda dari 8
variabel yang ada terdapat 4 variabel yang tidak signifikan yaitu : lokasi, harga,
proses dan bukti fisik. Sebaiknya Bank panin terus meningkatkan pelayanan dari
waktu ke waktu seperti mempermudah proses pembukaan rekening tabungan
junior dengan mempeerbolehkan menggunakan surat kenal lahir sebagai data dari
si anak dan juga menambah jaringan mesin atm offside sehingga kepuasan
nasabah terus meningkat dan dapat menciptakan loyalitas dari nasabah khususnya
nasabah tabungan junior panin yang dalam jangka waktu panjang akan menjadi
nasabah besar yaitu nasabah tabungan Panin. | id |