Show simple item record

dc.contributor.advisorIrwanto, Abdul Kohar
dc.contributor.authorLesmana, Agung Nandang
dc.date.accessioned2023-11-01T06:46:10Z
dc.date.available2023-11-01T06:46:10Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129717
dc.description.abstractPT. Jasaraharja Putera merupakan perusahaan asuransi yang mengawali usahanya dibidang asuransi kerugian didirikan sejak tahun 1986. Dengan adanya persaingan di era globalisasi saat ini, PT. Jasaraharja Putera cabang Surabaya harus memperhatikan dan terus melakukan perbaikan terhadap kinerja perusahaan demi menyediakan produk tepat guna dengan pelayanan prima sesuai dengan misi yang ditetapkannya. Kinerja PT. Jasaraharja Putera cabang Surabaya dapat dilihat melalui pendekatan Balanced Scorecard. Balanced Scorecard (BSC) merupakan salah satu metode pengukuran kinerja yang lebih komprehensif, koheren, seimbang dan terukur. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis kondisi internal dan kondisi eksternal PT Jasaraharja Putera cabang Surabaya, (2) Merancang dan mengkaji peta strategi Balanced Scorecard yang sesuai dengan visi, misi, aspek internal dan aspek eksternal pada PT Jasaraharja Putera cabang Surabaya, (3) Menganalisis kinerja PT Jasaraharja Putera cabang Surabaya pada tahun 2010 melalui pendekatan Balanced Scorecard, dan (4) Merekomendasikan langkah-langkah strategi selanjutnya untuk masa yang akan datang. Penelitian dilakukan di PT Jasaraharja Putera cabang Surabaya yang berlokasi di Jl. Raya Diponegoro 96-98 Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari observasi, kuesioner dan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur melalui buku, skripsi, rencana strategi dan laporan tahunan PT Jasaraharja Putera cabang Surabaya serta data publikasi lainnya. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk data kualitatif, sedangkan untuk data kuantitatif menggunakan pendekatan rata-rata, rasio, angka indeks, pairwise comparison, Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI) serta dibantu program Microsoft Excel 2007, SPSS 16.0, dan Expert Choice 11 untuk pembobotan Analytical Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan total skor Balanced Scorecard, kinerja PT Jasaraharja Putera cabang Surabaya excellent dengan total skor 94,23 persen. Pencapaian skor ini didukung oleh perspektif keuangan, perspektif pelanggan, dan perspektif proses bisnis internal yang masing-masing skornya 33,46 persen, 28,46 persen, dan 25,26 persen. Pencapaian target terendah terjadi pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yang hanya mencapai 72,67 persen dengan skor kontribusi 6,54 persen. Hal ini menunjukkan bahwa PT Jasaraharja Putera cabang Surabaya harus memperhatikan indikator kinerja yang memiliki nilai belum optimal, khususnya peningkatan kualitas karyawan yang terdapat pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Jumlah pelatihan karyawan hendaknya didata serta dilakukan secara berkala dan konsisten agar lebih terarah sehingga pengetahuan karyawan akan meningkat.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomics and Development Studies - Managementid
dc.titleAnalisa kinerja perusahaan melalui pendekatan balanced scorecard pada PT Jasaraharja Putera cabang Surabayaid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordAnalisa kinerja perusahaanid
dc.subject.keywordBalanced scorecardid
dc.subject.keywordPT Jasaraharja Puteraid


Files in this item

No Thumbnail [100%x80]

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record