Analisa kinerja perusahaan melalui pendekatan balanced scorecard pada PT Jasaraharja Putera cabang Surabaya
View/Open
Date
2012Author
Lesmana, Agung Nandang
Irwanto, Abdul Kohar
Metadata
Show full item recordAbstract
PT. Jasaraharja Putera merupakan perusahaan asuransi yang mengawali
usahanya dibidang asuransi kerugian didirikan sejak tahun 1986. Dengan adanya
persaingan di era globalisasi saat ini, PT. Jasaraharja Putera cabang Surabaya
harus memperhatikan dan terus melakukan perbaikan terhadap kinerja perusahaan
demi menyediakan produk tepat guna dengan pelayanan prima sesuai dengan misi
yang ditetapkannya. Kinerja PT. Jasaraharja Putera cabang Surabaya dapat dilihat
melalui pendekatan Balanced Scorecard. Balanced Scorecard (BSC) merupakan
salah satu metode pengukuran kinerja yang lebih komprehensif, koheren,
seimbang dan terukur. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis kondisi
internal dan kondisi eksternal PT Jasaraharja Putera cabang Surabaya, (2)
Merancang dan mengkaji peta strategi Balanced Scorecard yang sesuai dengan
visi, misi, aspek internal dan aspek eksternal pada PT Jasaraharja Putera cabang
Surabaya, (3) Menganalisis kinerja PT Jasaraharja Putera cabang Surabaya pada
tahun 2010 melalui pendekatan Balanced Scorecard, dan (4) Merekomendasikan
langkah-langkah strategi selanjutnya untuk masa yang akan datang.
Penelitian dilakukan di PT Jasaraharja Putera cabang Surabaya yang
berlokasi di Jl. Raya Diponegoro 96-98 Surabaya. Data yang digunakan dalam
penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari
observasi, kuesioner dan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari
studi literatur melalui buku, skripsi, rencana strategi dan laporan tahunan PT
Jasaraharja Putera cabang Surabaya serta data publikasi lainnya. Pengolahan data
dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk data kualitatif,
sedangkan untuk data kuantitatif menggunakan pendekatan rata-rata, rasio, angka
indeks, pairwise comparison, Importance Performance Analysis (IPA), dan
Customer Satisfaction Index (CSI) serta dibantu program Microsoft Excel 2007,
SPSS 16.0, dan Expert Choice 11 untuk pembobotan Analytical Hierarchy
Process (AHP).
Berdasarkan total skor Balanced Scorecard, kinerja PT Jasaraharja Putera
cabang Surabaya excellent dengan total skor 94,23 persen. Pencapaian skor ini
didukung oleh perspektif keuangan, perspektif pelanggan, dan perspektif proses
bisnis internal yang masing-masing skornya 33,46 persen, 28,46 persen, dan 25,26
persen. Pencapaian target terendah terjadi pada perspektif pertumbuhan dan
pembelajaran yang hanya mencapai 72,67 persen dengan skor kontribusi 6,54
persen. Hal ini menunjukkan bahwa PT Jasaraharja Putera cabang Surabaya harus
memperhatikan indikator kinerja yang memiliki nilai belum optimal, khususnya
peningkatan kualitas karyawan yang terdapat pada perspektif pertumbuhan dan
pembelajaran. Jumlah pelatihan karyawan hendaknya didata serta dilakukan
secara berkala dan konsisten agar lebih terarah sehingga pengetahuan karyawan
akan meningkat.
Collections
- UT - Management [3498]