Analisis efektivitas social media handphone BlackBerry (studi kasus pada mahasiswa program sarjana manajemen alih jenis Institut Pertanian Bogor)
Abstract
Kini dalam memasarkan suatu produk, media sosial kerap digunakan untuk mempermudah penyampaian informasi kepada konsumen. Penyebaran informasi cenderung lebih cepat dengan iklan melalui media sosial. Salah satu perusahaan yang melakukan penyebaran informasi melalui internet dengan menggunakan media sosial adalah Research In Motion (RIM) dengan produk BlackBerrynya. BlackBerry adalah perangkat selular yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, messenger (BlackBerry Messenger/BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Pengukuran efektivitas social media merupakan aspek penting dari komunikasi pemasaran untuk menjadi pertimbangan bagaimana strategi penyebaran informasi yang tepat yang diperlukan perusahaan agar kegiatan pemasaran perusahaan dapat berjalan dengan lancar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas social media BlackBerry dalam mengkomunikasikan informasinya kepada konsumen dengan menggunakan Consumer Decision Model (CDM). Teknik pengambilan contoh yang digunakan adalah non-probability sampling yaitu metode convenience sampling, yang merupakan pengambilan sampel berdasarkan kemudahan dan metode ini dapat memilih dari elemen populasi (orang atau peristiwa) yang datanya berlimpah dan mudah diperoleh peneliti. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner yang diberikan kepada 39 responden, yaitu mahasiswa program sarjana manajemen alih jenis Institut Pertanian Bogor (IPB) yang membeli handphone BlackBerry karena melihat informasi mengenai handphone BlackBerry di social media. Data sekunder diperoleh dari data kepustakaan seperti buku dan literatur yang terkait dengan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode model Consumer Decision Model (CDM), model persamaan struktural yang dibantu dengan menggunakan PLS (Partial Least Squares) dan EXCEL 2007.
Berdasarkan hasil analisis Consumer Decision Model diketahui bahwa informasi yang ingin disampaikan oleh produsen RIM (Research In Motion) melalui social media berpengaruh terhadap variabel yang diukur pada Consumer Decision Model dari variabel informasi di social media (F) sampai dengan variabel pembelian nyata (P). Produsen Handphone BlackBerry melalui social media mampu mengkomunikasikan informasinya dengan efektif kepada konsumen.
Collections
- UT - Management [3374]