View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Computer Science
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Computer Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengembangan sistem pengajaran berbantuan komputer: Studi kasus materi kuliah struktur data

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (1.280Mb)
      Date
      2001
      Author
      Varentiningrum, Yanke
      Rachmaniah, Meuthia
      Wigena, Aji Hamim
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Metode pengajaran terus berkembang mulai dari metode sederhana sampai penggunaan teknologi, termasuk komputer. Banyak penelitian dilakukan untuk menyelidiki bagaimana teknologi komputer dapat memajukan dunia pendidikan. Komputer dalam dunia pendidikan terbagi atas bidang non pengajaran dan pengajaran. Pengajaran Berbantuan Komputer (Computer Assisted Instruction) termasuk ke dalam kategori penerapan komputer di bidang pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, merancang, dan membangun sistem pengajaran berbantuan komputer yang dapat digunakan oleh dosen untuk menyampaikan materi kuliah dan latihan soal serta dapat membantu mahasiswa untuk mempelajari materi kuliah. Untuk mengetahui kebutuhan pengguna dan mendapatkan saran-saran bagi pengembangan sistem, dilakukan penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil kuesioner, materi kuliah Struktur Data dipilih sebagai studi kasus dalam penelitian ini. Sistem Pengajaran Berbantuan Komputer dibangun dengan menggunakan tahapan dalam Model Perancangan Pengajaran Berbantuan Komputer. Sistem yang dibangun terdiri dari dua modul yaitu Modul Pembangkit Soal dan Modul Perangkat Ajar. Modul Pembangkit Soal digunakan oleh dosen untuk memasukkan materi pelajaran dan latihan soal sedangkan Modul Perangkat Ajar digunakan oleh mahasiswa untuk mempelajari materi kuliah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan komputer sebagai metode pengajaran memungkinkan para siswa mengatur kecepatan belajar, banyaknya pelajaran, dan urutan pelajaran. Namun, penggunaan komputer sebagai alat pengajaran belum dapat menggantikan peran dosen/pengajar. Hal ini disebabkan adanya faktor-faktor yang hanya dimiliki manusia seperti pemberian motivasi, bimbingan dan pendekatan. Maka komputer hendaknya dipandang sebagai pelengkap pengajaran dan bukan pengganti peran dosen/pengajar.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129699
      Collections
      • UT - Computer Science [2482]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository