Pengembangan sistem pengajaran berbantuan komputer: Studi kasus materi kuliah struktur data
View/ Open
Date
2001Author
Varentiningrum, Yanke
Rachmaniah, Meuthia
Wigena, Aji Hamim
Metadata
Show full item recordAbstract
Metode pengajaran terus berkembang mulai dari metode sederhana sampai penggunaan teknologi, termasuk komputer. Banyak penelitian dilakukan untuk menyelidiki bagaimana teknologi komputer dapat memajukan dunia pendidikan. Komputer dalam dunia pendidikan terbagi atas bidang non pengajaran dan pengajaran. Pengajaran Berbantuan Komputer (Computer Assisted Instruction) termasuk ke dalam kategori penerapan komputer di bidang pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, merancang, dan membangun sistem pengajaran berbantuan komputer yang dapat digunakan oleh dosen untuk menyampaikan materi kuliah dan latihan soal serta dapat membantu mahasiswa untuk mempelajari materi kuliah.
Untuk mengetahui kebutuhan pengguna dan mendapatkan saran-saran bagi pengembangan sistem, dilakukan penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil kuesioner, materi kuliah Struktur Data dipilih sebagai studi kasus dalam penelitian ini. Sistem Pengajaran Berbantuan Komputer dibangun dengan menggunakan tahapan dalam Model Perancangan Pengajaran Berbantuan Komputer. Sistem yang dibangun terdiri dari dua modul yaitu Modul Pembangkit Soal dan Modul Perangkat Ajar. Modul Pembangkit Soal digunakan oleh dosen untuk memasukkan materi pelajaran dan latihan soal sedangkan Modul Perangkat Ajar digunakan oleh mahasiswa untuk mempelajari materi kuliah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan komputer sebagai metode pengajaran memungkinkan para siswa mengatur kecepatan belajar, banyaknya pelajaran, dan urutan pelajaran. Namun, penggunaan komputer sebagai alat pengajaran belum dapat menggantikan peran dosen/pengajar. Hal ini disebabkan adanya faktor-faktor yang hanya dimiliki manusia seperti pemberian motivasi, bimbingan dan pendekatan. Maka komputer hendaknya dipandang sebagai pelengkap pengajaran dan bukan pengganti peran dosen/pengajar.
Collections
- UT - Computer Science [2254]