dc.description.abstract | Untuk menciptakan bangsa yang lebih baik melalui penciptaan pemimpin
bangsa berkompetensi dan memiliki moral. Maka pendidikan bermutu,
diantaranya melalui sumber daya yang terpenting disuatu kelas, yaitu para guru
sebagai ujung tombak dari suatu sistem pendidikan. Untuk itu, Yayasan Putera
Sampoerna (YPS) merupakan bagian usaha sosial dari Kelompok Sampoerna
(Sampoerna Group) yang berdedikasi pada pendidikan Indonesia dan penciptaan
kader-kader pemimpin muda, dengan mendukung dan melengkapi program
program, serta upaya pemerintah dalam bidang pendidikan, maka memfokuskan
sumber daya untuk pengembangan pimpinan pimpinan masa depan yang memiliki
integritas moral dan komitmen kuat terhadap keadilan sosial. Tujuan penelitian ini
adalah (1) Mengindentifikasi pemasaran yang telah dilakukan oleh YPS dalam
memperoleh mitra individual dan koorporat. (2) Mengevaluasi tingkat
keberhasilah strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh YPS dalam
memperoleh dan membina mitra individual dan koorporat. (3) Mendeteksi strategi
bauran pemasaran yang efektif bagi YPS dalam bersaing dengan perusahaan
sejenis.
Metode pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara pihak
manajemen, observasi dan studi literatur. Pemberian kuesioner dipilih secara
sengaja dengan pertimbangan responden mengetahui pelaksanaanStrategi
pemasaran Yayasan Putera Sampoerna. Responden yang dipilih antara lain
Manager Strategic and Plan, Account Management Officer and Sales Officer.
Data yang diperoleh melalui kuesioner responden diproses dengan menggunakan
program komputer Expert Choice, 2000 dan Microsoft Excel 2007.
Berdasarkan matriks SWOT dan mariks IE dihasilkan empat (4) alternatif
strategi pemasaran yaitu Market Development Strategy, Product Development
Strategy dan Market Penetration Strategy. Strategi yang dihasilkan akan disusun
dalam matriks QSPM, menurut hasil perhitungan untuk mendapatkan alternatif
strategi utama dengan nilai TAS tertinggi, yaitu Product Development Strategy
adalah menciptakan produk berkualitas dan melakukan inovasi yang
berkesinambungan melalui pemanfaatan teknologi secara optimal, strategi
tersebut merupakan strategi yang diterapkan oleh YPS | id |