dc.description.abstract | Hasil audit CSP, didapatkan nilai indeks sebesar 3,02 Nilai ini menunjukkan bahwa PT. Zeelandia Indonesia berada pada kondisi persaingan 3C (Rumit) Karakteristik pelanggan Zeelandia adalah pelanggan, menghadapi Pesaing kuat dan Perubahan terjadi secara kontinyu. Hasil audit CAP, didapatkan nilai indeks sebesar 3. Nilai ini menunjukkan bahwa tipe perusahaan adalah marketing-oriented company. Analisis Kesenjangan menunjukkan bahwa strategi pemasaran PT. Zeelandia Indonesia mempunyai kesenjangan negatif sebesar 0,3 ketinggalan dengan situasi persaingan yang akan dihadapi untuk 5 tahun kedepan. Marketing Effectiveness Review memberikan hasil 26,4. Nilai ini termasuk dalam kategori luar biasa. Artinya, PT. Zeelandia Indonesia menggunakan sumber daya pemasaran secara optimal, efisien dan efektif dalam mendukung kinerja pemasarannya.
Alternatif strategi yang dapat direkomnedasikan antara lain: strategi
segmentasi dengan menambah segmentasi, tetapi tidak mempunyai keahlian
yang cukup untuk membuatnya, strategi targeting: pemilihan target pasar yang
harus dipilih dengan tepat agar strategi pemasaran dapat efektif dan efisien. Perlu
dipertimbangkan target pasar anak-anak, strategi positioning: Positoning yang
dirasakan cukup ampuh adalah yang lebih menyangkut perasaan emosional, baik
untuk pasangan, keluarga, teman, dsb. Taktik, diferensiasi yang meliputi dalam
hal isi (apa yang ditawarkan), diferensiasi konteks (bagaimana menawarkan),
diferensiasi dalam hal infrastruktur. Nilai, waktu pengiriman pesanan yang cepat
dan memberikan daftar produk yang lebih lengkap dan detail. Struktur organisasi
perusahaan dibuat menjadi lebih flat. | id |