Show simple item record

dc.contributor.advisorPranadji, Diah Krisnatuti
dc.contributor.advisorSimanjuntak, Megawati
dc.contributor.authorSafaat, Andhika
dc.date.accessioned2023-10-31T23:29:33Z
dc.date.available2023-10-31T23:29:33Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129392
dc.description.abstractTujuan umum dan penelitian ini adalah menganalisis kepuasan mahasiswa IPB terhadap penyelenggaraan fasilitas asrama TPB-IPB serta strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, sedangkan tujuan khususnya adalah 1) Mengetahui karakteristik sosial ekonomi mahasiswa IPB, 2) Menganalisis kepuasan mahasiswa IPB terhadap penyelenggaraan fasilitas asrama putera dan puteri, 3) Menganalisis perbedaan kepuasan mahasiswa yang tinggal di asrama putera dan asrama puteri, dan 4) Merumuskan strategi untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa IPB terhadap penyelenggaraan fasilitas asrama. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa IPB angkatan 42 yang tinggal di asrama. Penentuan contoh penelitian penyelenggaraan asrama TPB-IPB menggunakan teknik convenience sampling (contoh diambil berdasarkan ketersediaan elemen dan kemudahan untuk mendapatkannya). Dengan kata lain, contoh diambil atau terpilih karena contoh tersebut ada pada tempat dan waktu yang tepat (Durianto, Sugiarto & Sitinjak 2001). Seluruh contoh berjumlah 289 mahasiswa TPB-IPB yang diharapkan dapat mencukupi untuk merumuskan strategi meningkatkan kepuasan terhadap asrama TPB-IPB. Disain penelitian ini adalah cross sectional Penelitian dilaksanakan di Kampus IPB Darmaga-Bogor, Jawa Barat selama 6 bulan yakni dari bulan September 2006 hingga Februari 2007. Data penelitian terbagi atas dua bagian yakni data primer dan sekunder. Data primer yaitu data yang berasal langsung dari objek penelitian, yang mencakup karakteristik sosial dan data kepuasan termasuk harapan dan kinerja responden. Sementara, data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui dokumentasi seperti karakteristik mahasiswa IPB secara keseluruhan, sistem penyelenggaraan akademik dan keadaan umum asrama mahasiswa TPB Sumber data sekunder adalah dari Direktorat Administrasi dan Jaminan Mutu Pendidikan (AJMP) dan pihak asrama IPB. Pengolahan data dilakukan menggunakan Microsoft Excel dan SPSS 10.1 for Windows. Tahapan pengolahan mencakup entri, cleaning, dan analisis deskriptif dan inferensia. Untuk menjawab sejauh mana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penyelenggaraan asrama TPB-IPB, digunakan Importance- Performance Matrix Analysis (Rangkuti 2002). Skala pengukuran yang digunakan adalah Skala Likert dari skala 1 hingga 5. Untuk menganalisis perbedaan kepuasan antara mahasiswa dan mahasiswi digunakan analisis Kruskal Wallis Karakteristik contoh penelitian adalah: mayoritas perempuan, frekuensi meninggalkan asrama 1-3 kali/bulan, mayoritas berasal dari wilayah Jawa, mayoritas jalur masuk ke IPB melalui USMI, uang saku antara Rp 250.000 hingga Rp 499.999/bulan dan mayoritas beragama Islam. Sedangkan karakteristik keluarga contoh adalah: mayoritas memiliki jumlah anggota keluarga s 4 orang, pendidikan bapak dan ibu adalah SLTA, pekerjaan bapak PNS/Polr/TNI, pekerjaan ibu adalah ibu rumah tangga (IRT), dan pendapatan perkapita antara Rp250.000 hingga Rp499.999/kap/bl...id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcKepuasan mahasiswa terhadap asramaid
dc.titleAnalisis dan strategi meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap penyelenggaraan asrama tingkat persiapan bersama (TPB) IPB)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordCross sectionalid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record