Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorVeranissa
dc.date.accessioned2023-10-31T00:39:34Z
dc.date.available2023-10-31T00:39:34Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129295
dc.description.abstractPerubahan dalam perekonomian baik global maupun secara nasional akan berdampak pada setiap industri, tanpa terkecuali dalam industri perbankan. Bank-bank yang memiliki kualitas yang baik dan konsisten terhadap visi dan misinya mampu. bertahan terhadap persaingan yang tinggi. Salah satu cara untuk mempertahankan usahanya adalah melakukan perbaikan secara periodik terhadap produk yang dimiliki, sehingga kepuasan akan nasabah dapat terpenuhi, baik nasabah baru atau yang telah ada, sehingga loyalitas tetap terjaga. Sumber dana bank yang berasal dari masyarakat merupakan Dana Pihak Ketiga, yang terdiri atas Tabungan, Girn, dan Deposito. Perpindahan nasabah antar bank akan terus mewarnai industri perbankan, untuk itu strategi perusahaan dalam mencapai keuntungan adalah mengumpulkan DPK semaksimal mungkin. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan dengan judul "Indonesian Brand Loyalty Index (IBL) 2011", PT. Bank X belum termasuk dalam 10 bank yang memiliki indeks loyalitas tinggi dalam posisi saving account. PT. Bank X KC Bogor Juanda juga mengalami penurunan DPK selama 5 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)) Mengidentifikasi karakteristik nasabah PT. Bank X KC Bogor Juanda, (2) Menganalisis hubungan yang terjadi antara atribut dengan variabel dimensi kepuasan nasabah PT. Bank X KC Bogor Juanda, (3) Menganalisis hubungan antara variabel dimensi kepuasan nasabah dengan variabel kepuasan dan loyalitas nasabah PT. Bank X KC Bogor Juanda. Dimensi yang digunakan pada penelitian ini adalah dimensi kualitas pelayanan jas perbankan yang dikemudian disebut dengan banking service quality (BSQ), yaitu keefektifan dan jaminan, akses, harga, keterwujudan, portofolio jasa, dan kehandalan. Analisis data menggunakan metode SEM maka digunakan paket program srel. Peubah. manifest dan variabel sebanyak 35 variabel. Analisis model penelitian menyatakan bahwa varians error serta korelasi antar koefisien estimasi berada dalam rentan nilai yang tidak adanya problem identifikasi sebesar 652 yang ditunjukkan oleh degree of freedom. Nilai p-value, RMSEA, RMR, GFL, dan AGFI yang dihasilkan menunjukkan good fit. Hasil dari responden didapatkan mayoritas nasabah adalah laki-laki yang berusia 30-39 tahun dan memiliki pendidikan terakhhir Strata 1, berstatus telah menikah, rata- rata nasabah memiliki pekerjaan sebagai wiraswastawan dengan pengeluaran rata-rata per bulan 4-5 juta Rupiah. Hasil uji SEM juga disimpulkan bahwa kepuasan memberikan kontribusi terhadap loyalitas nasabah. Dari enam variabel kepuasan berdasarkan nilai muatan faktor, variabel indikator yang sangat dominan mengukur dimensi keefektifan adalah karyawan PT. Bank X KC Bogor Juanda selalu mengikuti aturan bank yang berlaku. Adapun yang memberikan kontribusi paling besar terhadap loyalitas adalah dimensi akses, harga, keterwujudan dan portofolio jasa dengan nilai koefisien konstruk sebesar 1,00 dibandingkan dengan dimensi kehandalan sebesar 0,92 dan keefektifan dan jaminan sebesar 0,86.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomics and Development Studies - Managementid
dc.titleAnalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas nasabah PT. Bank X Bogor Juandaid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordKepuasan Nasabahid
dc.subject.keywordLoyalitasid
dc.subject.keywordSEMid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record