Show simple item record

dc.contributor.advisorIrwanto, Abdul Kohar
dc.contributor.authorTaufik, Rahmat
dc.date.accessioned2023-10-31T00:36:55Z
dc.date.available2023-10-31T00:36:55Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129287
dc.description.abstractPertumbuhan bidang usaha industri pariwisata dan perhotelan sangat cepat. Pertumbuhan tersebut dapat dilihat dengan banyak dibukanya tempat pariwisata dan dibangunnya hotel sebagai sarana akomodasi penginapan bagi wisatawan yang melakukan perjalanan wisata, dengan kondisi di atas banyak bermunculan sekolah akademi pariwisata. Dengan berbekal peluang pasar yang ada Yayasan Pusaka bekerja sama dengan PT. Anugrah Eka Gemilang mendirikan Akademi pariwisata Bogor pada tanggal 1 September 1999 dengan nama yang lebih terkenal Bogor Hotel Institute (BHI). Bogor Hotel Institute membangun gedung dengan megah baru di daerah Yasmine Jl. Jalan Curug Mekar No. 17, Bogor Barat ( Depan Yamin Sport Center ) Bogor dengan luas tanah hampir 2.200 m2 dan total biaya hampir 7 milyar rupiah. Dengan dana yang besar pembangunan BHI di bantu oleh perbankkan dan koperasi simpan pinjam. Dengan kewajiban yang besar kiranya manajemen harus mampu membayar kewajibannya membayar cicilan hutang. Hasil analisis kelayakan usaha pengembangan bisnis akademi pariwisata Bogor (BHI) dari aspek non keuangan yaitu aspek pasar dan pemasaran, pada dasarnya bisnis pendidikan memiliki masa depan yang cerah, karena setiap orang akan memerlukan pendidikan yang dapat mendukung keahlian seseorang seperti keahlian di bidang pariwisata dan perhotelan. Dilihat dari data pertumbuhan hotel di Indonesia dan di kota Bogor merupakan peluang besar bagi lulusan akademi pariwisata dan perhotelan untuk mendapatkan pekerjaan, serta jumlah lulusan tingkat SMU di kota Bogor yang banyak merupakan pasar potensial bagi sekolah akademi pariwisata dan perhotealn khususnya BHI. Sedangkan dari aspek teknik lokasi sekolah yang strategis juga dilengkapi dengan peralatan yang memadai juga di dukung oleh dosen-dosen yang sudah berpengalaman di bidang pariwisata dan perhotealn serta bekerja di hotel-hotel berbintang sehingga dari aspek teknis pengembangan ini layak di teruskan. Di Lihat dari aspke manajemen BHI di dukung dengan sumberdaya memadai dengan memberikan pelayanan yang maksimal terhadap mahasiswa serta telah terakreditasi pada badan Akreditasi Nasional Pemerintah Indonesia sehingga layak untuk terus di jalankan. Dari aspek keuangan penelitian ini di dapat hasil menunjukan hasil yang menguntungkan dan dapat mengembalikan investasi awal sehingga pembangunan gedung baru di BHI layak untuk dijalankan. Dari hasil analisis aspek keuangan didapat nilai NPV positif sebesar Rp 760.808.411, nilai IRR sebesar 18,48 dimana nilai tersebut lebih tinggi dari bunga bank sebesar 13 persen, Nilai net B/C sebesar 1,25 lebih dari satu dan pay back periode dalam penelitian ini adalah 5,77 yang berarti usaha ini sudah dapat menutup biaya investasi awal sebelum masa usaha berakhir dan masa penilitian 6 tahun.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomics and Development Studies - Managementid
dc.titleAnalisa Kelayakan Pengembangan Bisnis Akademi Pariwisata Bogor ( Bogor Hotel Institute )id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordSKBid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record