dc.description.abstract | Pasar merupakan lembaga ekonomi yang relatif tua dan melewati proses jarah perkembangan yang cukup panjang. Tingkat perkembangan pasur terkait Erat dengan kondisi perekonomian masyarakat sekitarnya. Adanya beberapa imensi perbedaan pasar yang relatif lebih mengunggulkan posisi pasar modern menjadi preferensi konsumen atas kemudahan dan service yang ditawarkan pasar odern. Konsumen sekarang ini menginginkan adanya keefisienan dan Keefektifan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga konsep yang ditawarkan hypermarket "One stop shopping" sesuai dengan yang diinginkan konsumen. Penataan produk yang rapi, lokasi yang strategis dan terjangkau, ruangan yang bersih dan ber-AC memberikan kenyamanan dan memudahkan konsumen dalam mencari kebutuhannya.
PT. HERO Supermarket Tbk meluncurkan Giant dengan konsep hypermarket berslogan "Giant Tempat Belanja Termurah" menyebabkan respon sangat positif dari masyarakat. Giant Hypermarket menciptakan berbagai insentif dan daya tarik yang terus ditingkatkan sehingga menarik pengunjung yang datang untuk berbelanja. Salah satu cara yang dilakukan pengecer untuk menarik pengunjung adalah melalui kegiatan promosi. Kegiatan promosi yang efektif dapat membantu dan mendukung pemasar dalam merumuskan strategi untuk menghadapi tingginya tingkat persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bauran promosi yang
dilakukan perusahaan dan menganalisis efektivitas bauran promosi dari dampak
komunikasi dan persuasi terhadap konsumen Giant. Penelitian dilaksanakan di
Giant Hypermarket Botani Square Bogor. Datu yang diperlukan terdiri dari duta
primer dan data sekunder yang bersifat kualitatif. Data primer diperoleh langsung
dari hasil observasi di lapangan, wawancara dengan pihak perusahaan dan
pengisian kuesioner oleh konsumen. Data sekunder bersumber dari laporan
tertulis/dokumen perusahaan serta data-data literatur yang relevan. Pengambilan
sampel dilakukan secara convenience sampling terhadap 100 responden Schagai
langkah awal data diuji validitas dan reliabilitasnya selanjutnya diolah secara
statistik deskriptif menggunakan Microsoft Excell dan SPSS 12. Proses
pengolahan data menggunakan alat analisis EPIC Model (Emphaty. Persuation,
Impact and Communication).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bauran promosi yang digunakan
adalah dengan iklan inedia cetak seperti: koran dan penyebaran mailer (katalog): berbagai insentif jangka pendek (seasonal) seperti diskon, kupon potongan harga, voucher dan lain-lain; humas yang membangun corporate image perusahaan sesuai dengan slogan "Giant Tempat Belanja Termurah": penjualan personal dengan meneinpatkan berbagai aramada penjualan termasuk di dalamnya wiraniaga, kasir, front desit (deposit counter) dan customer service. (2) Dari hasil malisis EPIC Model (Emphaty, Persuation, Impact and Communication)
enunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh Giant Hypermarket Botani
Square efektif dari segi dimensi empati, persuasi dan komunikasi. Hal ini ditunjukkan oleh nilai X yang dihasilkan berada dalam rentang skala efektif. Sementara dari segi dampak, promosi yang dilakukan dalam rentang skala cukup. efektif. Nilai EPIC Rate yang dihasilkan menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan adalah efektif. Promosi yang dilakukan terrnyata efektif untuk menarik konsumen datang.
berbelanja. Selain untuk menarik konsumen, promosi disarankan untuk
mempertahankan konsumen. Oleh karena itu, Giant perlu mensurvey kepuasan.
Konsumen. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan
Eemacu peningkatan kualitas pelayanan. Selain itu bentuk promosi lain yang
disarankan adalah kartu diskon. Kartu diskon ini bertujuan memberikan manfaat.
potongan harga bagi konsumen sedangkan manfaat bagi Giant yaitu menarik
konsumen datang berbelanja kembali dan melihat pola perilaku konsumen.
Bentuk promosi selanjutnya yang disarankan adalah adanya program pemberian
reward ataupun CRM (customer relationship management) kepada konsumen.
Program reward menjadikan konsumen merasa dihargai sedangkan program CRM
(customer relationship management) menjadikan konsumen menjadi bagian dari
perusahaan. Diharapkan dengan adanya implikasi manajerial ini maka perusahaan
mampu mencapai tujuan yang diinginkan baik dalam hal memperluas pangsa
pasar yang ada maupun memperkecil kemungkinan konsumen untuk beralih
kepada toko lain. | id |