Show simple item record

dc.contributor.advisorHastuti, Dwi
dc.contributor.authorMutiarani, Diara
dc.date.accessioned2023-10-25T12:47:46Z
dc.date.available2023-10-25T12:47:46Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128501
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai budaya, stimulasi psikososial, dan perkembangan sosial-emosi anak usia 2-6 tahun pada keluarga Suku Tengger, Jawa Timur. Penelitian ini terdiri dari 120 contoh (ibu dan anak usia 2-6 tahun) yang dipilih secara proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan metode wawancara dan pengamatan. Instrumen stimulasi psikososial diperoleh dari HOME Inventory (Home Observation for Measurement of the Environment Inventory). Perkembangan sosial-emosi anak diukur dengan menggunakan instrumen Vineland Social Maturity Scale (VSMS). Beberapa nilai budaya yang berkaitan dengan pengasuhan anak diantaranya adalah larangan dan anjuran sejak masa kehamilan, persalinan, serta hubungan antara orang tua dan anak. Stimulasi psikososial pada anak usia 2-6 tahun memiliki skor rataan 70,3±10,7 dan hanya pendidikan ibu yang memiliki hubungan dengan stimulasi psikososial. Perkembangan sosial-emosi memiliki skor rataan 83,7±13,1, dan tidak terdapat hubungan antara stimulasi psikososial dengan perkembangan sosial-emosi.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcHuman Ecology - Family and Consumer Sciencesid
dc.titleNilai Budaya, Stimulasi Psikososial, dan Perkembangan Sosial-Emosi Anak Usia 2-6 Tahun pada Keluarga Suku Tenggerid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordCultural valuesid
dc.subject.keywordPsychosocial stimulationid
dc.subject.keywordSocial emotional developmentid
dc.subject.keyword2-6 years old childrenid
dc.subject.keywordTengger familiesid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record