Analisis strategi pemasaran produk home industry roti:studi kasus di Home Industry Marinda Bakery, Kelurahan Gunung Batu, Bogor
Abstract
Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang, dan tidak dapat disangkal peran usaha kecil adalah sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Peran penting tersebut bukan hanya terlihat di negara berkembang seperti Indonesia, tetapi juga di negera yang lebih maju seperti Korea dan Amerika Serikat (BKPM, 2001).Pada saat puncak krisis moneter yang berkepanjangan, industri kecil menengah justru mampu bertahan menjalankan. usahanya. Oleh karena itu, pengembangan dan pemberdayaan industri kecil menengah memegang peran penting dalam pemulihan ekonomi nasional.
Salah satu industri kecil (home industry), yang sedang berkembang adalah home industry Marinda. Home industry Marinda bergerak dalam bidang pembuatan roti yang memulai usahanya pada tahun 2001. Maraknya pendatang baru home industry sejenis, membuat tingkat persaingan pangsa pasar semakin tinggi. Semakin tingginya persaingan pada indutri roti menyebabkan turunnya pangsa pasar, yang mengakibatkan runinnya omzet penjualan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran Home industry Marinda, (2) Menganalisis posisi persaingan home industry Marinda, (3) Menyusun dan mencari solusi dalam penentuan alternatif yang tepat bagi home industry Marinda. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan konsep manajemen strategis dan pemasaran. Data-data yangdiperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis situasi (lingkungan) 1 Home industry Marinda dilakukan terhadap lingkungan internal dan eksternal. Alat analisis yang digunakan adalah mairik IFE/EFE, matriks IE, matriks SWOT dan matriks CPM. ...
Collections
- UT - Business [460]