Jender dan fenomena iklan dalam media televisi: Kasus Matari advertising dan Desa Gandul, Kecamatan Limo, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat
View/Open
Date
1998Author
Sunarwulan, Gita
Mugniesyah, Siti Sugiah M.
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah : (I) Mempelajari sejauh mana nilai jender mempengaruhi biro iklan
dalam melakukan kegiatan dan merumuskan strategi dalam memproduksi iklan yang efektif melalui media
televisi, (2) Melakukan analisis isi terhadap iklan yang diproduksi oleh biro iklan serta
faktor-faktor yang berhubungan dengan isi iklan tersebut, (3) Mempelajari profil khalayak media
massa dilihat dari karakteristik pribadi dan rumahtangganya, (4) Mempelajari pengaruh iklan
terhadap peri!aku khalayak yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta
pengaruh/dampak dari perubahan perilaku terhadap persepsi nilai jender pada khalayak, dan (5)
Mempelajari permasalahan dan kendala yang terjadi.
Pendekatan teoritis dalam penelitian ini adalah mengacu pada model komunikasi Berlo dan Rogers and Shoemaker yaitu : sumber (source), pesan (message), saluran
(channel), penerima (receiver), dan pengaruh (effect). Adapun analisis yang dilakukan adalah
analisis lingkup dan kode etik biro iklan, analisis jender dalam periklanan, analisis media
televisi, analisis isi, analisis perilaku konsumen, dan analisis pengaruh periklanan.