Show simple item record

dc.contributor.advisorHastuti, Dwi
dc.contributor.authorLestari, An Nissa Dwi
dc.date.accessioned2023-10-25T09:22:30Z
dc.date.available2023-10-25T09:22:30Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128330
dc.description.abstractAnak usia dini identik dengan masa bermain, dan pola permainan yang dilakukan anak ditentukan dengan stimulasi yang diberikan orang tua dalam praktik pengasuhan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi stimulasi psikososial dan pola permainan anak pada keluarga Suku Tengger. Penelitian ini dilakukan di empat desa pada wilayah pegunungan Bromo-Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study. Anak prasekolah usia 2-6 tahun menjadi contoh dalam penelitian ini. Contoh penelitian ini adalah sebanyak 120, yang dipilih secara proportional random sampling. Hasil penelitian melalui uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa pendidikan ibu memiliki hubungan positif signifikan (p-value=0,000) dengan stimulasi psikososial. Selain itu, hasil uji korelasi Spearman menunjukkan hubungan signifikan antara usia ibu, usia anak, dan pendidikan anak dengan pola permainan. Stimulasi psikososial dengan pola permainan juga menunjukkan hubungan positif signifikan (pvalue=0,000). Hasil uji beda menggunakan one-way ANOVA menunjukkan bahwa tingkat pendidikan ibu memiliki perbedaan signifikan dalam stimulasi psikososialnya.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcHuman Ecology - Family and Consumer Sciencesid
dc.titleStimulasi psikososial dan pola permainan anak usia 2-6 tahun pada keluarga Suku Tenggerid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordChildrens playing patternid
dc.subject.keywordPsychosocial stimulationid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record