Pengaruh Pengetahuan dan Ekuitas Merek terhadap Kecenderungan Pembelian Pakaian Batik
View/ Open
Date
2012Author
Setianti, Ruri
Sumarwan, Ujang
Herawati, Tin
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan ekuitas merek terhadap kecenderungan pembelian pada pakaian batik. Penelitian ini menggunakan disain cross sectional study dilakukan dengan menggunakan 350 mahasiswa Institut Pertanian Bogor sebagai responden. Uji beda T digunakan untuk menganalisis perbedaan pengetahuan, ekuitas merek, dan kecenderungan pembelian pada pakaian batik contoh lakilakim dan perempuan. Uji korelasi Pearson digunakan untuk menganalisis
hubungan antara variabel pengetahuan, ekuitas merek, dan kecenderungan pembelian pada pakaian batik. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara kecenderungan pembelian dengan pengetahuan (p<0,05) dan ekuitas merek (p<0,05). Hasil uji regresi menunjukkan bahwa pengetahuan, ekuitas merek, jenis kelamin, dan asal daerah berpengaruh
secara signifikan terhadap kecenderungan pembelian pada pakaian batik.