Perilaku konsumsi mahasiswa terhadap produk pangan IPB: analisis model AIDA
Abstract
Institut Pertanian Bogor (IPB) telah mampu menciptakan produk pangan Inovasi yang telah berhasil dipasarkan, hal tersebut sebagai salah satu cara untuk pemenuhan kebutuhan pangan Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku konsumsi produk pangan IPB menggunakan Model AIDA. Penelitian ini menggunakan disain cross sectional study, melibatkan 400 mahasiswa yang dipilih
dengan teknik probability sampling menggunakan cluster random sampling untuk masing-masing fakultas. Lebih dari separuh kepribadian mahasiswa cenderung dogmatis. Tingkat kesadaran, perhatian, dan minat mahasiswa cukup baik namun mahasiswamasih mengabaikan produk pangan IPB. Selain itu terdapat hubungan positif signifikan antara kesadaran dengan perhatian dan minat, antara perhatian dengan minat dan, antara minat dengan tindakan. Hasil lain menunjukkan bahwa tidak ditemukan hubungan antara kesadaran dengan tindakan pada penelitian ini. Minat dan kepribadian berpengaruh positif terhadap tindakan mengonsumsi. Analisis Customer Response Index (CRI) menunjukkan bahwa pemaparan informasi terkait produk pangan IPB belum efektif di kalangan mahasiswa.