Analisis pemasaran dan kelayakan usaha pembibitan dan buah mangga Gedong Gincu di Jawa Barat: Studi kasus Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Abstract
Salah satu buah unggulan Indonesia yang patut dikembangkan dan mendapatkan bantuan dana
pengembangan dari OECF (Overseas Economic Cooperation Fund) adalah buah mangga Gedong Gincu. Mangga Gedong Gincu mempunyai banyak kelebihan dibanding dengan mangga lain, selain wama kulit buah yang unik pada pangkal buabnya (merah merona seperti "gincu"), rasanya yang sangat manis dengan aroma yang cukup kuat, dan harga mangga Gedong Gincu relatif lebih mahal dibanding mangga lain. Oleh karena itu mangga Gedong Gincu memiliki peluang yang cerah untuk dikembangkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji keragaan usaha pernbibitan dan buah mangga Gedong
Gincu di Jawa Barnt, melakukan analisis pemasaran mangga Gedong Gincu di Kabupaten lndramayu,
dan menganalisis kelayakan investasi secara finansial dan ekonomi usaha pembibitan dan buah mangga Gedong Gincu dan menguji dengan analisis kepekaaan kondisi kelayakan yang terjadi apabila ada perubahan-perubahan dalam manfaat dan biaya.
Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada bulan Oktober dan November 1997. Data yang dikumpulkan meliputi data primer clan data sekunder. Metode analisis data dilakukan bailc secara kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis pemasaran mangga Geclong Gincu (saluran pemasaran, struktur pasar, dan margin pemasaran), kelayakan usahatani pembibitan clan usahatani mangga Gedong Gincu. Sebagai petunjuk kelayakan investasi usahatani pembibitan clan buah mangga digunakan kriteria investasi (NPV, Net B/C dan IRR) dengan metode "aliran tunai terpotong". Kemudian dilakukan lagi suatu analisis kepekaan apabila terjadi perubahan pada manfaat dan biaya dengan variasi analisis switching value.
Collections
- UT - Management [3374]