Analisis pemasaran obat tradisional: Studi kasus pada Koperasi Bhinneka Karya Manunggal, Bogor
Abstract
Obat-obatan tradisional yang telah ada sejak dahulu merupakan altematif pengobatan pada saat ini
yang dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan adanya peluang di atas maka jumlah
perusahaan penghasif obat-obatan tradisional setiap tahunnya terns meningkat. Dengan semakin
banyaknya perusahaan yang terjun dalam bisnis ini, maka persaingan antar perusahaan semakin ketat.
Untuk memenangkan persaingan tersebut, salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan adalah
bidang pemasaran.
Tujuan dari penelitian, yang dilakukan pada bulan Juli sampai Agustus 1997 ini adalah (1) Menganalisis strategi pemasaran produsen obat tradisional selama ini, (2) Mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dalam memasarkan produk obat tradisional, (3) Merumuskan beberapa altematif strategi pemasaran bagi produsen obat tradisional.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli hingga Agustus 1997. Analisis yang digunakan meliputi
siklus hidup produk, peramalan penjualan dan bauran pemasaran untuk menunjukkan keragaan
pemasaran produk serta analisis SWOT untuk menghasilkan altematif strategi pemasaran.
Collections
- UT - Management [3374]