Persepsi dan Perilaku Membeli Susu Bendera Oleh Konsumen Setelah Pergantian Logo lklan
View/ Open
Date
2005Author
Sasmita, Hari Otang
Saleh, Amiruddin
Matindas, Krishnarini
Metadata
Show full item recordAbstract
Merek dalam sebuah industri rnemegang peranan penting, termasuk pada
industri peternakan dan hasil olahannya. Logo merupakan bagian dari rancangan atau
kornbinasi nama, merek, istilah, tanda dan simbol bertujuan untuk mengidentifikasi
produk atau jasa yang dihasilkan sehingga berbeda dari produk yang dihasilkan oleh
pesaing. Perubahan logo dilakukan oleh PT Frisian Flag Indonesia terhadap
produknya, pergantian ini tentunya akan menyebabkan ek'l..litas merek menjadi
berubah pula dan berakibat pada persepsi konsumen terhadap produk atau jasa
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen tentang iklan
perubahan logo susu bendera, persepsi kualitas merek susu bendera, perilaku
membeli dan hubungan persepsi dengan keputusan.
Penelitian dilakukan menggunakan metode survei dengan analisis deskriptif
dan analisis korelasi. Data diambil dengan judgment sampling yaitu tipe pemilihan
sampel secara tidak acak yang informasinya diperoleh dengan menggunakan
pertimbangan tertentu, selama 1,5 bulan dari 7 Juli hingga 23 Agustus 2004 pada
I00 pengunjung Hero Supermarket Bogar.
Persepsi konsumen terhadap iklan perubahan logo susu Bendera umumnya
baik, hal ini bera11i iklan perubahan logo tersebut memiliki citra yang baik di mata
konsumen. Demikian pula dengan persepsi konsumen terhadap merek susu Bendera
akibat perubahan logo cenderung baik, ha! ini berarti merek susu Bendera memiliki
citra yang baik di mata konsumen. Perilaku membeli konsumen setelah perubahan
logo menunjukkan reaksi positif terhadap perubahan logo. Variabel persepsi
responden akan iklan perubahan logo susu Bendera yang berhubungan nyata dengan
keputusan membeli, adalah ( 1) kejelasan iklan dalam mernaparkan pesannya, (2)
visualisasi iklan bagus dan menarik, (3) jingle iklan bagus dan mena1ik. Satu
variabel berhubungan sangat nyata dengan keputusan pembelian yaitu iklan
perubahan logo susu Bendera mendorong untuk membeli. Dalam persepsi responden
tentang merek akibat pergantian logo baru, terdapat dua atribut yang berhubungan
nyata dengan keputusan membeli, yaitu jenis huruf dan harga.