Loyalitas konsumen Lapis Bogor Sangkuriang
Abstract
Meningkatnya jumlah pengusaha lapis talas di Kota Bogor membuat tingkat
persaingan menjadi semakin ketat. Persaingan ini bukan hanya dalam menciptakan
produk yang sesuai dengan keinginan konsumen, tetapi juga dalam mempertahankan
pelanggan yang dimiliki. Lapis Bogor Sangkuriang merupakan salah satu pengusaha
yang menerima dampak dari adanya persaingan tersebut. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengidentifikasi tingkat konsumen Lapis Bogor Sangkuriang dan faktor
yang memengaruhi loyalitas konsumen Lapis Bogor Sangkuriang. Data diperoleh dari
200 responden yang pernah membeli lapis talas lebih dari dua kali dan berusia lebih
dari 17 tahun. Alat analisis yang digunakan adalah piramida loyalitas konsumen dan
uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen
Lapis Bogor Sangkuriang termasuk kategori habitual buyer dan faktor yang
memengaruhi loyalitas konsumen Lapis Bogor Sangkuriang adalah citra merek.
Implikasinya, perusahaan perlu meningkatkan tingkat loyalitas konsumen yang
dimiliki dan mempertahankan citra merek yang baik di benak konsumen.
Collections
- UT - Agribusiness [4536]