Daya saing dan kegiatan pemasaran komoditi paprika pada kelompok tani mitra Sukamaju, Desa Pasar Langu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung,Jawa Barat
Abstract
Di tengah berkembangnya isu globalisasi dan perdagangan bebas, kondisi persaingan akan menjadi
penting. Produk-produk sejenis dari luar negeri akan mampu menggusur kedudukan produk sejenis dari
dalam negeri atau sebaliknya, keadaan ini tergantung kepada faktor berbagai persaingan yang terjadi
nanti. Kasus buah-buahan impor yang lebih banyak menempati swalayan dibandingkan buah-buahan lokal
dapat diambil sebagai pelajaran berharga bagi komoditi lokal lainnya.
Komoditi hortikultura (sayuran, buah-buahan, bunga), merupakan komoditi pertanian yang memberikan
tingkat harga lebih baik dibandingkan komoditi konvensional (padi, palawija), keeksotisannya
menjadikan hortikultura lebih banyak diminati golongan menengah ke alas.
Paprika, merupakan salah satu komoditi hortikultura dari jenis sayuran yang sudah dapat
dibudidayakan oleh petani skala usaha kecil di Indonesia. Pasar untuk paprika adalah golongan
menengah ke atas, serta restoran-restoran dan rumah makan siap saji.
Collections
- UT - Management [3498]