Analisis persepsi pasar swalayan dan konsumen terhadap strategi pemasaran produk mi instan baru salam mie dan karomah
Abstract
Gerakan diversifikasi pangan, perubahan perilaku yang serba praktis dan efisien, serta
peningkatan jumlah penduduk merupakan faktor-faktor yang memberikan andil terhadap
meningkatnya permintaan mi instan di Indonesia. Prospek perkembangan industri ini menarik para
investor untuk menanamkan modalnya dan meluncurkan produk baru untuk mengambil keuntungan dari tuntutan selera masyarakat yang berbeda-beda.
Pengembangan suatu produk baru selayaknya dilakukan melalui tahap tahap yang tepat dan didukung
oleh strategi pemasaran yang tepat pula, agar produk dapat berhasil setelah dipasarkan.
Keberhasilan strategi tersebut selanjutnya sangat dipengaruhi oleh keadaaan lingkungan
pemasarannnya, antara lain adalah pelanggan dan pesaing. Berkaitan dengan hal tersebut, maka
beberapa hal yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : (1) menganalisa tahap tahap peluncuran
produk dan strategi pemasaran produk baru Salam Mie yang telah dilakukan oleh perusahaan, (2)
menganalisa persepsi pasar swalayan terhadap strategi pemasaran Salam Mie dan menilai strategi
pemasaran antara produk Salam Mie dengan pesaing terdekatnya Karomah, dan (3) menganalisa
persepsi konsumen terhadap strategi pemasaran Salam Mie dan menilai strategi pemasaran antara
produk Salam Mie dan Karomah.
Collections
- UT - Management [3498]