Pengaruh kontrol keluarga dan sekolah terhadap perilaku anak dalam menonton tayangan Televisi perbandingan antara SLTP di Desa dan di Kota: Kasus siswa SL TPN I Dramaga, Kabupaten Bogr, SLTP I Bogor, dan SLTP Regina Pacis, Kotamadya Bogor
View/Open
Date
1998Author
Nugrahaningrum, Emilia Tri Setyowati
Gunardi
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan siaran lelevisi di Indonesia lelah menimbulkan pro dan konlra di kalangan oranglua dan
pendidik berkailan dengan pengaruhnya lerhadap perilaku anak dalam menonlon layangan lelevisi.
Para oranglua dan pendidik mencoba mengalasi kekhawaliran ini dengan memberikan konlrol berupa
lugas, kegialan dan aluran-aluran lertentu agar anak lidak menghabiskan waklunya di depan
pesawal televisi. Berdasarkan ha! lersebul limbul pertanyaan bagaimanakah pengaruh konlrol
keluarga berupa durasi !es, durasi belajar dan jumlah aluran yang dilerapkan dalam keluarga
lerhadap perilaku anak dalam menonlon layangan televisi di desa dan di kola? Bagaimanakah pengaruh
kontrol sekolah berupa durasi mengerjakan tugas intrakurikuler dan durasi mengikuli kegialan
ekstrakurikuler lerhadap perilaku anak dalam menonlon televisi di desa dan di kola? Sebelumnya
akan dilihal lerlebih dahulu pengaruh karakleristik keluarga yang lerdiri dari pendapalan keluarga,
pendidikan ayah dan pendidikan ibu lerhadap konlrol keluarga. Selain itu juga akan dilihal pengaruh
karaklerislik sekolah terhadap kontrol sekolah
Penelilian dilakukan di liga sekolah yang mewakili daerah desa dan kola. SLTPN 1 Dramaga mewakili
responden di pedesaan karena sekolah lersebul lidak lerlelak di ibukola kabupaten, mewakili
golongan menengah ke bawah dan siswanya linggal di daerah pedesaan. Daerah kola diwakili oleh SLTP
1 Bogor dan SLTP Regina Pacis, karena diduga ada perbedaan antara sekolah negeri dan swasta. Dua sekolah tersebut dipilih mewakili golongan menengah ke atas dan kedua siswanya tinggal di daerah perkotaan.
Collections
- UT - Management [3498]