Show simple item record

dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.advisorSimanjuntak, Megawati
dc.contributor.authorYurita
dc.date.accessioned2023-10-19T06:41:55Z
dc.date.available2023-10-19T06:41:55Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127169
dc.description.abstractIklan TV, makanan ringan, dan anak-anak adalah hal yang tidak terpisahkan. Maraknya produk makanan ringan saat ini menjadi salah satu alasan konsumen anak menjadi perhatian. Beragam iklan produk makanan silih berganti ditayangkan di berbagai stasiun televisi dengan aneka variasi. Ini adalah strategi produsen untuk terus menjaring konsumen dengan tawaran-tawaran produk baru. Tidak terkecuali anak-anak yang menjadi sasaran segmentasi pasar. Penelitian ini merupakan penelitian payung (bersama) dibawah satu naungan pembimbing yaitu, Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc, yang dilakukan oleh dua orang peneliti, yaitu penulis dan Dwi Anindita dengan menggunakan responden yang sama, namun variabel uji yang berbeda. Penyusunan kuesioner penelitian yang dilakukan penulis menitik beratkan pada aspek paparan iklan, sedangkan penelitian yang dilakukan Dwi Anindita menitik beratkan pada aspek uji konsumen. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik keluarga (demografi, sosial ekonomi) dan karakteristik anak (jenis kelamin, urutan anak, uang saku, pola menonton TV, dan pengalaman mengkonsumsi produk); menganalisis pengaruh persepsi dan preferensi iklan, terhadap niat beli anak pada seluruh perlakuan (perlakuan 1 = paparan iklan yang diikuti uji konsumen, perlakuan 2 = uji konsumen yang diikuti paparan iklan) dan pada masing-masing perlakuan; menganalisis pengaruh persepsi dan preferensi iklan, terhadap niat beli anak pada masing-masing perlakuan 1 dan 2; menganalisis perbedaan persepsi dan preferensi iklan terhadap niat beli pada masing-masing perlakuan dan seluruh perlakuan. Disain penelitian ini adalah eksperimental faktorial 2x2 dengan dua peubah, yang terdiri dari peubah pertama, yaitu perlakuan terdiri dari 2 faktor (perlakuan 1 = paparan iklan yang diikuti uji konsumen, dan perlakuan 2 = uji konsumen yang diikuti paparan iklan), dan peubah kedua, yaitu jenis kelamin juga terdiri dari 2 faktor (laki-laki dan perempuan). Pengambilan data dilakukan di SDIT Aliya Dramaga, Bogor (purposive). Penelitian dilaksanakan mulai bulan Februari hingga Mei 2010. Sampel penelitian ini adalah anak kelas 6 SD dengan kisaran usia 11-12 tahun, dengan pertimbangan kemampuan berfikir anak telah mampu memilih dan mengambil keputusan sendiri. Jumlah sampel adalah 60 orang, yang dipilih dengan pengacakan, yaitu terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan untuk masing-masing satu ruang uji perlakuan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dari hasil perlakuan 1 dan perlakuan 2, dan data sekunder. Data primer mencakup karakteristik demografi, sosial ekonomi orangtua, karateristik anak (jenis kelamin, uang saku, urutan anak, pola menonton TV, pengalaman mengkonsumsi makanan ringan), persepsi dan preferensi terhadap iklan, serta niat beli terhadap produk (berdasarkan iklan). Data sekunder berupa gambaran umum lokasi tempat penelitian, gambaran umum produk, jurnal, dan penelitian terkait. Reliabilitas instrumen berkisar antara 0.540 hingga 0.738. Pengolahan data yang dilakukan setelah pengumpulan data, yaitu melalui tahap editing, coding, scoring, entrying, cleaning, dan analyzing menggunakan Microsoft Excel 2007 dan SPSS 16 for Windows. Analisis statistik yang digunakan adalah deskriptif, analisis uji beda Independent sample t-test, uji regresi linear berganda, dan Two-way anova.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universtyid
dc.titleStudi eksperimental pengaruh paparan iklan TV dan uji konsumen produk makanan ringan terhadap persepsi dan preferensi iklan, serta niat beli anakid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordEksperimentalid
dc.subject.keywordIklanid
dc.subject.keywordUji konsumenid
dc.subject.keywordPersepsiid
dc.subject.keywordPreferensiid
dc.subject.keywordBogor Agricultural Universityid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record