Studi eksperimental pengaruh paparan iklan TV dan uji konsumen produk makanan ringan terhadap persepsi dan preferensi iklan, serta niat beli anak
View/ Open
Date
2010Author
Yurita
Sumarwan, Ujang
Simanjuntak, Megawati
Metadata
Show full item recordAbstract
Iklan TV, makanan ringan, dan anak-anak adalah hal yang tidak
terpisahkan. Maraknya produk makanan ringan saat ini menjadi salah satu
alasan konsumen anak menjadi perhatian. Beragam iklan produk makanan silih
berganti ditayangkan di berbagai stasiun televisi dengan aneka variasi. Ini adalah
strategi produsen untuk terus menjaring konsumen dengan tawaran-tawaran
produk baru. Tidak terkecuali anak-anak yang menjadi sasaran segmentasi
pasar.
Penelitian ini merupakan penelitian payung (bersama) dibawah satu
naungan pembimbing yaitu, Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc, yang dilakukan
oleh dua orang peneliti, yaitu penulis dan Dwi Anindita dengan menggunakan
responden yang sama, namun variabel uji yang berbeda. Penyusunan kuesioner
penelitian yang dilakukan penulis menitik beratkan pada aspek paparan iklan,
sedangkan penelitian yang dilakukan Dwi Anindita menitik beratkan pada aspek
uji konsumen.
Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik keluarga
(demografi, sosial ekonomi) dan karakteristik anak (jenis kelamin, urutan anak,
uang saku, pola menonton TV, dan pengalaman mengkonsumsi produk);
menganalisis pengaruh persepsi dan preferensi iklan, terhadap niat beli anak
pada seluruh perlakuan (perlakuan 1 = paparan iklan yang diikuti uji konsumen,
perlakuan 2 = uji konsumen yang diikuti paparan iklan) dan pada masing-masing
perlakuan; menganalisis pengaruh persepsi dan preferensi iklan, terhadap niat
beli anak pada masing-masing perlakuan 1 dan 2; menganalisis perbedaan
persepsi dan preferensi iklan terhadap niat beli pada masing-masing perlakuan
dan seluruh perlakuan.
Disain penelitian ini adalah eksperimental faktorial 2x2 dengan dua
peubah, yang terdiri dari peubah pertama, yaitu perlakuan terdiri dari 2 faktor
(perlakuan 1 = paparan iklan yang diikuti uji konsumen, dan perlakuan 2 = uji
konsumen yang diikuti paparan iklan), dan peubah kedua, yaitu jenis kelamin
juga terdiri dari 2 faktor (laki-laki dan perempuan). Pengambilan data dilakukan di
SDIT Aliya Dramaga, Bogor (purposive). Penelitian dilaksanakan mulai bulan
Februari hingga Mei 2010. Sampel penelitian ini adalah anak kelas 6 SD dengan
kisaran usia 11-12 tahun, dengan pertimbangan kemampuan berfikir anak telah
mampu memilih dan mengambil keputusan sendiri. Jumlah sampel adalah 60
orang, yang dipilih dengan pengacakan, yaitu terdiri dari 15 laki-laki dan 15
perempuan untuk masing-masing satu ruang uji perlakuan.
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dari hasil
perlakuan 1 dan perlakuan 2, dan data sekunder. Data primer mencakup
karakteristik demografi, sosial ekonomi orangtua, karateristik anak (jenis kelamin,
uang saku, urutan anak, pola menonton TV, pengalaman mengkonsumsi
makanan ringan), persepsi dan preferensi terhadap iklan, serta niat beli terhadap
produk (berdasarkan iklan). Data sekunder berupa gambaran umum lokasi
tempat penelitian, gambaran umum produk, jurnal, dan penelitian terkait.
Reliabilitas instrumen berkisar antara 0.540 hingga 0.738. Pengolahan data yang
dilakukan setelah pengumpulan data, yaitu melalui tahap editing, coding, scoring,
entrying, cleaning, dan analyzing menggunakan Microsoft Excel 2007 dan SPSS
16 for Windows. Analisis statistik yang digunakan adalah deskriptif, analisis uji
beda Independent sample t-test, uji regresi linear berganda, dan Two-way anova.