Pengaruh nilai yang dianut terhadap preferensi dan perilaku pembelian buah-buahan
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui
sejauh mana pengaruh nilai yang dianut terhadap preferensi dan perilaku
pembelian buah-buahan lokal pada mahasiswa Institut Pertanian Bogor. Tujuan
khususnya adalah untuk: (1) Mengidentifikasi nilai-nilai yang dianut oleh contoh
yang menjadi dasar dalam perilaku pembelian dan konsumsi buah-buahan,
(2) Mengidentifikasi kesadaran berperilaku, tanggung jawab, dan norma personal,
preferensi, perilaku kebiasaan, dan perilaku pembelian serta perilaku konsumsi
buah-buahan, (3) Menganalisis hubungan nilai dengan kesadaran berperilaku dan
tanggung jawab contoh dalam pembelian dan konsumsi buah-buahan,
(4) Menganalisis hubungan kesadaran berperilaku, tanggung jawab, norma
personal, dan perilaku kebiasaan contoh dalam pembelian dan konsumsi buahbuahan,
(5) Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap preferensi
buah, (6) Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku
pembelian buah.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional study.
Tempat penelitian dipilih secara purposive, yaitu di kampus IPB Dramaga.
Penelitian dilakukan dari bulan April-Agustus 2010. Metode pemilihan contoh
yang digunakan adalah convenience sampling berjumlah 162 orang. Banyaknya
jumlah contoh pada setiap fakultas dikategorikan secara proportional, sesuai
dengan proporsi dari masing-masing fakultas terhadap total mahasiswa IPB.
Jenis data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Data
primer diperoleh melalui pengisian kuesioner yang meliputi, data karakteristik
contoh (usia, jenis kelamin, suku bangsa, dan uang saku), orientasi nilai,
kesadaran berperilaku, tanggung jawab, norma personal, preferensi, perilaku
kebiasaan, dan perilaku pembelian serta konsumsi buah. Data sekunder diperoleh
dari direktorat Administrasi dan Pendidikan berupa data jumlah mahasiswa IPB,
buku, artikel, internet, dan literatur-literatur yang dikeluarkan oleh lembagalembaga
terkait serta bahan pustaka yang diambil dari hasil penelitian
sebelumnya.
Data yang diperoleh kemudian melalui proses coding, scoring, entry,
cleaning dan dianalisis menggunakan program Microsoft Excel 2007 dan
Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 16,0 for Windows dengan
jenis analisis statistik yaitu tabulasi frekuensi, tabulasi silang (crosstabs), uji beda
Mann Withney, uji beda(t-test), uji korelasi Pearson dan uji Regresi Logistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata contoh terdiri dari 40.7
persen laki-laki dan 59.3 persen perempuan dan kebanyakan termasuk ke dalam
tahapan usia dewasa awal (87.7%). Rata-rata usia contoh laki-laki adalah 20.83
tahun dan contoh perempuan sebesar 20.62 tahun. Rata-rata usia contoh 20.71
tahun dengan kisaran 18 sampai dengan 23 tahun . Dominan contoh berasal dari
pulau Jawa, yaitu suku Jawa (54.9%) dan suku Sunda (22.8%). Proporsi terbesar
contoh (48.8%) memiliki uang saku dengan kategori sedang antara Rp600 000.00-
Rp1 200 000.00, kategori rendah untuk uang saku contoh kurang dari
5
Rp600 000.00 sebanyak 47.5 persen. Rata-rata uang saku contoh perempuan
(Rp723 229.00) lebih besar daripada rata-rata uang saku contoh laki-laki yaitu
sebesar Rp696 970.00. Berdasarkan besar uang saku, kedua contoh tersebut
tergolong pada karegori sedang.