dc.description.abstract | Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis hubungan
kedekatan dan konflik dalam lingkungan teman sebaya serta aktivitas remaja.
Tujuan khusus dari penelitian ini adalah: 1) mengidentifikasi karakteristik remaja
dan karakteristik keluarga pada remaja dengan latar belakang pendidikan pra
sekolah yang berbeda, 2) mengidentifikasi interaksi (kedekatan dengan teman
sebaya dan konflik) yang terbentuk antara remaja dan teman sebayanya, 3)
menganalisis hubungan karekteristik remaja dan karakteristik keluarga dengan
interaksi remaja (kedekatan dengan teman sebaya dan konflik), 4) menganalisis
hubungan kedekatan teman sebaya dengan konflik, 5) menganalisis hubungan
interaksi remaja (kedekatan teman sebaya dan konflik) dengan aktivitas remaja.
Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian payung yang berjudul:
“Pengaruh Kualitas Pengasuhan, Teman Sebaya, dan Latar Belakang Pendidikan
Pra Sekolah terhadap Kecerdasan, Karakter, dan Perilaku Sosial Anak remaja”.
Penelitian ini membandingkan kelompok dengan latar belakang pra sekolah
berbeda yaitu KP-SBB, TK dan Non-TK. KP-SBB adalah kelompok pra sekolah
(sekarang kelompok PAUD), didirikan oleh yayasan Indonesia Heritage
Foundation. KP-SBB ini diperuntukan bagi kelompok masyarakat menengah ke
bawah yang berdasarkan pada konsep pendidikan holistik berbasis karakter.
Perbandingan ini dilakukan untuk melihat peran pendidikan usia dini dari dua
kelompok berbeda (KP-SBB dan TK) ditambah kelompok yang tidak pra sekolah,
dalam penelitian ini disebut Non-TK.
Dalam penelitian payung ini pemilihan wilayah dilakukan secara sengaja
(purposive) dan dilakukan di Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota
Bogor dan Desa Situ Udik, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.
Pemilihan lokasi penelitian dengan mempertimbangkan bahwa kedua tempat
tersebut memenuhi persyaratan, yaitu lokasi yang merupakan tempat KP-SBB
dengan lulusan yang sudah memasuki usia remaja dan sebagian besar masyarakat
berada pada tingkat ekonomi menengah ke bawah.
Contoh yang diambil dalam penelitian ini adalah contoh yang berasal dari
penelitian yang dilakukan oleh Hastuti (2006) di Kelurahan Sukamulya dan Desa
Situ Udik. Contoh adalah anak yang mempunyai latar belakang pendidikan KPSBB
dan TK. Jumlah contoh pada penelitian Hastuti (2006) adalah 356 orang.
Dari jumlah tersebut usia contoh saat ini adalah 9 tahun sampai dengan 15 tahun.
Oleh karena penelitian panel ini memfokuskan pada usia remaja maka terdapat
119 orang yang masuk kriteria ini, namun terdapat 20 keluarga contoh tidak
bertempat tinggal di alamat yang tercantum dan tidak dapat dilacak lagi
keberadaannya, sehingga jumlah contoh dalam penelitian ini menjadi 91 orang.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian survei dengan menggunakan
kuesioner sebagai alat pengumpul data. Data yang dikumpulkan dalam penelitian
ini merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan
pengisian kuesioner oleh contoh. Data sekunder diambil berdasarkan gambaran
umum monografi wilayah penelitian, tingkat pendidikan dan sosial ekonomi
Kelurahan Sukasari dan Desa Situ Udik yang didapat dari instansi terkait.
Pengolahan data dilakukan menggunakan program Microsoft Excell dan SPSS
16.0. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan statistik. Data yang diperoleh
diolah melalui proses editing, coding, scoring, entry, data cleaning, dan data
analisys. | id |