Analisis pengaruh karakteristik mahasiswa dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik: kasus mahasiswa program sarjana manajemen penyelenggaraan khusus, Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor
Abstract
Program Sarjana Manajemen Penyelenggaraan Khusus (PSMPK) memiliki
visi menjadi wahana pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) unggulan dan
berdaya saing tinggi melalui pendidikan berkelanjutan (long life education) dalam
bidang manajemen. Mahasiswa PSMPK diharapkan memiliki prestasi akademik
yang baik dan menjadi bagian dari lulusan Departemen Manajemen yang bermutu.
Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Faktor-faktor
tersebut berasal dari internal maupun eksternal mahasiswa dan keberagaman latar
belakang mahasiswa. Hal tersebut memperlihatkan adanya karakter yang berbedabeda,
sehingga menimbulkan situasi yang sangat kompleks dalam pencapaian
prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh
karakteristik mahasiswa terhadap prestasi akademik mahasiswa PSMPK, (2)
Menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa
PSMPK, (3) Menyusun implikasi manajerial yang dapat dilakukan oleh pihak
manajemen PSMPK agar dapat mengoptimalkan prestasi akademik mahasiswa.
Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer dan
sekunder. Pemilihan contoh dilakukan dengan metode non-probability sampling
dengan menggunakan teknik purposive dan Quota Sampling. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif (Cross Tabulation) dan Analisis Structural
Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software pengolah data
Microsoft Excel 2007, SPSS 17 dan Linear Structural Relationship (LISREL)
8.72.
Hasil yang diperoleh adalah karakteristik mahasiswa yang terdiri dari usia,
jenis kelamin, status bekerja dan asal perguruan tinggi, tidak berpengaruh
terhadap prestasi akademik mahasiswa PSMPK, FEM IPB. Hal ini dapat dilihat
dari uji deskriptif yang menunjukan bahwa nilai peluang yang dihasilkan > 0,05
dan nilai khi kuadrat hitung < nilai khi kuadrat tabel (9,4877). Motivasi belajar
dapat meningkatkan prestasi akademik 0,47 (47%). Urutan motivasi belajar yang
mempunyai pengaruh paling besar ke yang paling kecil adalah banyak sks yang
diambil, waktu perkuliahan pada malam hari, minat terhadap ilmu yang dipelajari,
metode kuliah yang digunakan, fasilitas perpustakaan, lingkungan sosial kampus,
kesadaran dalam menempuh pendidikan, mutu dosen, inisiatif dalam kegiatan
perkuliahan, lingkungan sosial keluarga, tanggungjawab, orientasi dalam
menempuh pendidikan dan lingkungan sosial komunitas. Implikasi manajerial
yang dapat dilakukan adalah berkaitan dengan besarnya pengaruh yang diberikan
oleh motivasi, maka mahasiswa maupun pihak PSMPK terus meningkatkan
motivasi belajar, baik faktor internal maupun eksternal.
Collections
- UT - Management [3455]