Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kesadaran Pelaku Umk Kota Bogor Terhadap Sertifikasi Halal
Abstract
Pasar produk halal saat ini memiliki potensi yang besar. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi besar dalam pasar produk halal karena volume konsumsi penduduk muslimnya mencapai US$ 154.9 miliar (Thomson Reuters 2016). Data Kementrian Agama (2014) menunjukkan jumlah produk bersertifikasi halal sebesar 53 383 dari 231 851 jumlah produk yang beredar atau sebesar 23.02% dari total seluruh produk yang yang beredar. Namun demikian, kesadaran pelaku usaha untuk memiliki sertifikasi halal masih rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisisis faktor-faktor yang memengaruhi kesadaran pelaku UMK (Usaha Mikro Kecil) Kota Bogor terhadap sertifikasi halal. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 50 pelaku UMK di bidang pangan kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis deskriptif, analisis regresi logistik, dan tabulasi silang. Faktor-faktor yang terbukti signifikan memengaruhi adalah pengetahuan pangan halal, pengetahuan regulasi dengan nilai, biaya, dan informasi.
Collections
- UT - Syariah Economic [484]