Show simple item record

dc.contributor.advisorLubis, Djuara P
dc.contributor.authorAslesmana, Haerani
dc.date.accessioned2023-10-02T08:39:37Z
dc.date.available2023-10-02T08:39:37Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/125743
dc.description.abstractSalah satu bentuk pencegahan pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk adalah Program Keluarga Berencana (KB). Iklan Layanan Masyarakat (ILM) merupakan media komunikasi program KB yang tepat untuk menyampaikan informasi kepada khalayak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji efektitivitas komunikasi program KB yang dilihat dari penilaian terhadap ILM yang meliputi daya tarik, pemahaman, keterlibatan diri, dorongan bertindak dan hubungannya dengan karakteristik khalayak yang menonton. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimental dan didukung data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua komponen penilaian iklan layanan masyarakat program KB berada pada kategori sedang dan tinggi. Setelah diuji beda antara pre-test dan post-test didapatkan hasil bahwa pemahaman pada khalayak yang menonton iklan dalam bentuk video mengalami perubahan, namun tidak demikian pada komponen penilaian yang lain. Variabel yang berhubungan nyata hanya terdapat pada hubungan jumlah tanggungan keluarga dengan dorongan bertindak.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcHuman Ecology-Communication and Community Developmentid
dc.titleEfektivitas Iklan Layanan Masyarakat sebagai Media Komunikasi Program Keluarga Berencana (KB)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordKeluarga Berencana Programid
dc.subject.keywordPublic Service Announcementid
dc.subject.keywordSpectator Characteristicid
dc.subject.keywordAssessment of Public Service Announcementid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record