dc.description.abstract | Enye-enye adalah salah satu kerupuk tradisional Indonesia yang terbuat dari singkong dengan
rasa yang unik. Rasanya enak, renyah, dan gurih. Tujuan utama dari penelitian ini adalah
untuk membuat rencana bisnis untuk bisnis enye-enye. Ada dua produk berbeda
enye-enye, mereka adalah Enye-enye Ny. Ing Asli dan Enye-enye Ny. Ing Mini.
Target pasar enye-enye adalah pasar ritel nasional dan pasar internasional.
Studi kelayakan usaha menunjukkan NPV sebesar Rp2 244 099 158, Gross B/C adalah
1.306, Net B/C 3.302, IRR 44.8%, Payback Period 4.344 tahun, dan
BEP untuk enye-enye original dan enye-enye mini sebesar 46.704 pcs/tahun dan 13.163 pcs/tahun
buah/tahun. Investasi pada bisnis ini harus dipertimbangkan karena semuanya bersifat finansial
aspek menunjukkan usaha ini layak dilakukan. | id |