Analisis preferensi konsumen dan pola pengeluaran nasabah kartu kredit Hasanah kasus BNI Syariah Kota Bogor
View/Open
Date
2016Author
Iffatunnisa, Nabila Fikriani
Purnamadewi, Yeti Lis
Lubis, Deni
Metadata
Show full item recordAbstract
Kartu kredit merupakan produk perbankan yang tidak dapat terlepas dari
kegiatan perekonomian masyarakat. Melihat peluang tersebut, BNI Syariah
mengeluarkan produk kartu kredit Hasanah yang hingga saat ini hanya satusatunya
produk kartu kredit syariah di Indonesia. Menghadapi persaingan dengan
kartu kredit konvensional, kartu kredit Hasanah didesain sedemikian sehingga
memiliki fitur yang syariah dan unggul. Namun demikian, berdasarkan data 2011-
2014 memperlihatkan bahwa pangsa konsumen kartu kredit Hasanah masih jauh
lebih kecil daripada pangsa konsumen kartu kredit konvensional dengan kisaran
0.34%-1.37%. Maka tujuan dari studi ini adalah (1) mengkaji karakteristik
konsumen dan fitur kartu kredit Hasanah serta dan kualitas Bank BNI Syariah; (2)
menganalisis faktor-faktor yang menentukan preferensi konsumen terhadap kartu
kredit Hasanah dan pola pengeluaran. Studi dilakukan dengan metode survei
sehingga data utama yang digunakan merupakan data primer yang dikumpulkan
melalui metode wawancara dengan menggunakan kuesioner dari konsumen kartu
kredit Hasanah dan non-Hasanah denga metode purposive sampling. Hasil studi
menunjukkan bahwa konsumen kartu kredit Hasanah termasuk golongan
pendapatan tinggi, berpendidikan tinggi, sebagian besar karyawan swasta dan
Pegawai Negeri Sipil (PNS), sebagian besar wanita serta baik tingkat
religiusitasnya. Persepsi konsumen terhadap biaya dan fitur kartu kredit Hasanah
serta kualitas Bank BNI Syariah sebagai penerbit kartu terkategori baik. Hasil
analisis regresi logistik menunjukkan bahwa variabel yang signifikan menentukan
preferensi konsumen terhadap kartu kredit Hasanah adalah jenis kelamin,
pendidikan, aset dan fitur-biaya kartu kredit dengan arah yang positif kecuali aset
konsumen dengan nilai odds ratio tertinggi adalah untuk variabel pendidikan.
Hasil analisis crosstab menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan
antara pola pengeluaran konsumen kartu kredit Hasanah dan non-kartu kredit
Hasanah, namun secara relatif pola pengeluaran konsumen kartu kredit Hasanah
berdasarkan pendekatan Al-Syatibi lebih Islami.
Collections
- UT - Syariah Economic [484]