Pengembangan Pasar Produk Beras Cepat Masak
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan konsumsi yang dihadapi oleh komunitas pecinta alam. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi masalah yang dihadapi pecinta alam saat membawa dan mengolah beras serta merancang solusi pada permasalahan tersebut dengan produk beras cepat masak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah riset aksi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tahapan dari penelitian terdiri dari perancangan kanvas model bisnis awal, pengujian masalah dengan 50 responden, pengujian solusi dengan responden potensial, pengukuran ukuran pasar, dan verifikasi. Permasalahan utama pada penelitian ini, yaitu berat saat membawa beras dan air, boros penggunaan air, membutuhkan perlakuan khusus saat memasak nasi, lama waktu memasak nasi, relatif sering gagal dalam memasak nasi dan alat masak (nesting) yang sulit dibersihkan. Beras cepat masak adalah produk yang ditawarkan untuk menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Hasil pengujian solusi dari produk beras cepat masak menunjukkan kesesuaian value proposition yang diberikan kepada pelanggan yaitu praktis, tidak gagal dalam memasak nasi, tidak mengotori alat masak (nesting), hemat air dan tidak berat. Harga penjualan yang diterima oleh konsumen, yaitu Rp13.500/kemasan (6*42 gr).