Pengaruh Pemasaran Hijau terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Avoskin
Date
2023Author
Hanifa, Salma
Chasanah, Alfa
Palupiningrum, Agustina Widi
Metadata
Show full item recordAbstract
Peningkatan sampah di industri kecantikan memicu konsumen untuk mulai
mempertimbangkan isu lingkungan saat berbelanja dibuktikan dengan adanya
peningkatan individu yang rela membayar produk hijau yang lebih mahal.
Sementara itu, produsen merespon hal tersebut melalui strategi pemasaran hijau
yang selaras dengan framework Triple Bottom Line (3P). Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis karakteristik konsumen yang melakukan pembelian produk
Avoskin serta menganalisis pengaruh pengetahuan hijau dan pemasaran hijau
terhadap keputusan pembelian pada produk Avoskin. Penelitian dilakukan pada
bulan Juni 2023 melalui penyebaran kuesioner daring untuk 201 pengguna
Avoskin. Data diolah menggunakan analisis deskriptif dan SEM-PLS pada aplikasi
SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan hijau, produk hijau,
harga hijau, temPeningkatan sampah di industri kecantikan memicu konsumen untuk mulai
mempertimbangkan isu lingkungan saat berbelanja dibuktikan dengan adanya
peningkatan individu yang rela membayar produk hijau yang lebih mahal.
Sementara itu, produsen merespon hal tersebut melalui strategi pemasaran hijau
yang selaras dengan framework Triple Bottom Line (3P). Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis karakteristik konsumen yang melakukan pembelian produk
Avoskin serta menganalisis pengaruh pengetahuan hijau dan pemasaran hijau
terhadap keputusan pembelian pada produk Avoskin. Penelitian dilakukan pada
bulan Juni 2023 melalui penyebaran kuesioner daring untuk 201 pengguna
Avoskin. Data diolah menggunakan analisis deskriptif dan SEM-PLS pada aplikasi
SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan hijau, produk hijau,
harga hijau, tempat hijau, dan promosi hijau berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian konsumen, namun hanya promosi hijau yang berpengaruh
secara signifikan. Oleh karena itu Avoskin perlu terus menerapkan pemasaran hijau
dalam jangka panjang, serta meningkatkan intensitas promosi yang kredibel melalui
kampanye hijau untuk meningkatkan pangsa pasar dan kuantitas penjualan.pat hijau, dan promosi hijau berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian konsumen, namun hanya promosi hijau yang berpengaruh
secara signifikan. Oleh karena itu Avoskin perlu terus menerapkan pemasaran hijau
dalam jangka panjang, serta meningkatkan intensitas promosi yang kredibel melalui
kampanye hijau untuk meningkatkan pangsa pasar dan kuantitas penjualan. The increase in waste in the beauty industry has prompted consumers to
consider environmental issues when shopping, evidenced by the rise in individuals
willing to pay more for green products. Meanwhile, manufacturers respond to this
through green marketing strategies aligned with the Triple Bottom Line (3P)
framework. This study aims to analyze the characteristics of consumers who
purchase Avoskin products and analyze the influence of green knowledge and green
marketing on purchasing decisions on Avoskin products. The research was
conducted in June 2023 by using online questionnaires to 201 Avoskin users. The
data were processed using descriptive analysis and SEM PLS in the SmartPLS 3
application. The results showed that green knowledge, green products, green prices,
green places, and green promotions have a positive effect on consumer purchasing
decisions, but only green promotions have a significant impact. Therefore, Avoskin
needs to continue to implement green marketing in the long term and increase the
intensity of credible promotions through green campaigns to increase market share
and sales quantity
Collections
- UT - Business [319]