Persepsi Risiko, Kepercayaan, dan Kesediaan Konsumen untuk Memberikan Data Pribadi ke E-commerce pada Generasi Y dan Z
Abstract
Konsumen harus mendaftarkan diri dan memberikan data pribadi kepada e-commerce agar bisa melanjutkan transaksi jual beli. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis persepsi risiko, kepercayaan, dan kesediaan konsumen untuk memberikan data pribadi ke e-commerce pada generasi Y dan Z. Metode penelitian ini kuantitatif dengan desain cross sectional study. Teknik penarikan contoh secara purposive sampling. Data yang digunakan merupakan data sekunder diperoleh dari data tim PKM-RSH Data Pribadi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, independent t-test, dan analisis SEM. Hasil penelitian menunjukkan generasi Y dan Z memiliki persepsi risiko yang relatif sama. Kepercayaan konsumen dan kesediaan untuk memberikan data pribadi antara generasi Y dan Z memiliki perbedaan signifikan. Variabel persepsi risiko berpengaruh langsung signifikan negatif terhadap kesediaan untuk memberikan data pribadi pada generasi Y, sedangkan pada generasi Z tidak. Pada generasi Y tidak ditemukan pengaruh tidak langsung antara variabel persepsi risiko terhadap kesediaan untuk memberikan data pribadi yang dijembatani oleh kepercayaan, sedangkan pada generasi Z terdapat pengaruh tidak langsung negatif antar variabel-variabel tersebut.