dc.contributor.advisor | Nurhadryani, Yani | |
dc.contributor.advisor | Rachmaniah, Meuthia | |
dc.contributor.author | Tasnim, Hana | |
dc.date.accessioned | 2023-07-20T06:23:16Z | |
dc.date.available | 2023-07-20T06:23:16Z | |
dc.date.issued | 2023 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/122282 | |
dc.description.abstract | Pada saat ini, masih banyak desa yang belum menerapkan inovasi desa digital
sehingga penting untuk mengumpulkan informasi desa digital beserta inovasinya ke
dalam sebuah platform berbasis sistem manajemen pengetahuan. Platform ini
bertujuan untuk memudahkan desa mengadopsi inovasi seperti desa lain. Usability
platform juga berpengaruh dalam penerimaan informasi oleh pengguna. Oleh karena
itu, dilakukan penelitian menggunakan Lean UX untuk merancang sistem manajemen
pengetahuan yang mudah dimengerti. Metode Lean UX meliputi dari fase riset,
perancangan tampilan platform, hingga testing. Hasil dari penelitian ini berupa
hipotesis dari hasil asumsi, proto-persona, solusi berupa fitur-fitur untuk menjawab
hipotesis yang telah dibuat, prototipe medium-fidelity, dan pengujian. Pengujian ini
dilakukan dengan tiga mahasiswa yang pernah KKN dan tiga masyarakat desa. Hasil
pengujian dari mahasiswa menunjukkan bahwa dua hipotesis terjawab, sedangkan
dari masyarakat desa menunjukkan bahwa ketiga hipotesis terjawab. Perbedaan ini
dikarenakan adanya perbedaan cara penggunaan platform antara mahasiswa dan
masyarakat desa. Setelah penelitian ini, disarankan untuk memperbaiki prototipe dan
melakukan tahap pengujian kembali. | id |
dc.description.abstract | Currently, there are numerous villages that have yet to embrace digital village
innovations. Therefore, it is crucial to gather information on digital villages and their
respective innovations within a knowledge management system-based platform. This
platform aims to facilitate villages adopting other village innovations. The usability of
the platform also affects the acceptance of information by users. Therefore, this
research is using Lean UX to design a knowledge management system that is easy to
understand. Lean UX is already including research phase, design the interface, and
testing. The outcomes of this research are hypotheses derived from assumptions,
proto-persona, some features, medium-fidelity prototype, and user testing. The testing
involved three KKN students and three villagers. The results of the testing from the
students indicated that two hypotheses validated, while from the villagers, all three
hypotheses validated. This difference is due to variations in platform usage between
the students and the villagers. After this research, it is recommended to refine the
prototype and conduct further testing phases. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.title | Perancangan Pengalaman Pengguna Sistem Manajemen Pengetahuan Inovasi Desa Digital | id |
dc.title.alternative | Designing the User Experience of the Digital Village Innovation Knowledge Management System | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | digital village innovation | id |
dc.subject.keyword | knowledge management system | id |
dc.subject.keyword | lean ux | id |
dc.subject.keyword | user experience | id |