Perancangan Aplikasi Permainan Edukatif Tentang Simulasi Agribisnis Untuk Platform Mobile
Abstract
Permasalahan pengangguran di Indonesia masih menjadi permasalahan
penting yang harus diselesaikan pemerintah. Menciptakan lapangan kerja dengan
berwirausaha menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Dengan kondisi alam
dan geografis Indonesia yang beriklim tropis membuat berwirausaha di bidang
agribisnis memiliki potensi yang bagus. Minat masyarakat Indonesia di bidang
agribisnis yang masih sedikit salah satunya disebabkan oleh kurangnya edukasi
tentang agribisnis. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi permainan
edukatif tentang simulasi agribisnis sehinga dapat menjadi media alternatif
memperkenalkan agribisnis dengan cara yang menarik. Metode Game Development
Life Cycle (GDLC) menjadi pedoman dalam perancangan aplikasi permainan ini
tetapi hanya berfokus pada tahap inisiasi dan pra-produksi. Sabisa Farm yang
merupakan teaching farm IPB menjadi narasumber dalam penelitian ini. Hasil dari
penelitian ini yaitu rancangan aplikasi permainan berupa Game Design Document
dan mock-up. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan rancangan aplikasi
permainan yang menarik dan edukatif sehingga dapat meningkatkan pengetahuan
masyarakat mengenai agribisnis.
Collections
- UT - Computer Science [2254]