Analisis Daya Saing Ekspor Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil) di Negara Tujuan Utama
Abstract
Virgin Coconut Oil (VCO) menjadi salah satu produk potensial ekspor subsektor perkebunan. Indonesia menjadi negara terbesar pengekspor VCO di pasar dunia. Industri terkait pengolahan kelapa menjadi VCO banyak mengalami ancaman seperti lahan perkebunan kelapa yang semakin sedikit dan kurangnya penataan organisasi pengolahan produk turunan kelapa dari tingkat hulu hingga hilir. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi volume ekspor VCO di negara tujuan utama. Metode analisis yang digunakan yaitu Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamic (EPD), dan Diamond’s Porter. Hasil nilai rata-rata RCA VCO Indonesia berdaya saing komparatif di negara tujuan utama. Hasil analisis EPD menunjukkan posisi ideal (rising star) untuk pasar produk VCO Indonesia yaitu Tiongkok, Rusia, Sri Lanka, dan Amerika Serikat. Hasil analisis Diamond’s Porter menunjukkan bahwa keempat atribut, yaitu kondisi faktor, kondisi permintaan, kondisi industri terkait dan pendukung serta struktur, strategi, dan persaingan dapat menjelaskan secara kualitatif daya saing kompetitif VCO Indonesia.