dc.contributor.advisor | Neyman, Shelvie Nidya | |
dc.contributor.advisor | Asfarian, Auzi | |
dc.contributor.author | AlFathan, Aslam | |
dc.date.accessioned | 2023-06-27T06:46:46Z | |
dc.date.available | 2023-06-27T06:46:46Z | |
dc.date.issued | 2023 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120321 | |
dc.description.abstract | Perkembangan fintech di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun,
pada m-Banking Jenius sendiri terjadi peningkatan sebanyak 65% pada tahun
2020, sedangkan pada BNI terjadi peningkatan kurang lebih sebanyak 70%.
Peningkatan komplain pada kedua m-Banking tersebut juga meningkat cukup
tinggi yang dapat disebabkan kurangnya kepuasan dalam pengalaman pengguna.
Dikarenakan keseimbangan antara User Experience, Usability dan Security yang
berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, analisis diperlukan untuk mengetahui
ketiga nilai tersebut dalam aplikasi m-Banking. Penelitian ini dilakukan untuk
membuat analisis keseimbangan tentang pengalaman, kegunaan dan keamanan
pengguna menggunakan survey kepuasan pengguna yang diharapkan agar
bermanfaat untuk acuan pengembangan aplikasi m-Banking kedepannya. Data
akan didapatkan dari User Experience Questionnaire, System Usability Scale dan
Security, lalu dibandingkan tingkat kepuasan konsumen dari ketiga aspek tersebut
yang akan menghasilkan gambaran keseimbangan antara tiga aspek tersebut. Hasil
penelitian yang didapat yaitu m-Banking Jenius cenderung lebih kecil pada bagian
kebergunaan, sejalan dengan hasil UEQ-S bagian pragmatic quality dan SUS yang
kurang baik, sedangkan m-Banking BNI cenderung lebih kecil di bagian hedonic
quality, Pada bagian Security kedua m-Banking tersebut memiliki nilai yang tidak
jauh berbeda, secara keseluruhan kedua m-Banking tersebut belum seimbang
dikarenakan ada perbedaan signifikan antar aspeknya | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.title | Analisis Keseimbangan User Experience, Usability, dan Security Menggunakan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus m-Banking Jenius dan BNI) | id |
dc.title.alternative | Analysis of the Balance of User Experience, Usability and Security Using Customer Satisfaction (Case Study m-Banking Jenius and BNI) | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | m-Banking | id |
dc.subject.keyword | Security | id |
dc.subject.keyword | System Usability Scale, User Experience | id |
dc.subject.keyword | User Experience Questionnaire | id |
dc.subject.keyword | Customer Satisfaction | id |